Antisipasi Radikalisme, Orang Tua Diharap Awasi Aktivitas Anak

Subang, Munculnya fenomena Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara) mestinya membuat para orang tua dan masyarakat umum semakin waspada dan mampu mengawasi aktifitas anaknya. Karena segmentasi target kelompok radikal adalah kalangan anak muda.

Demikian disampaikan Kasat Bimas Polres Subang, AKP H Sarjono saat menghadiri Rapat Pleno Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Subang, di aula PCNU setempat. Rabu (13/1)

“Ini adalah tugas kita bersama, tidak bisa semuanya dibebankan kepada polisi. Oleh karena itu, dimohon kepada para orang tua untuk terus mengawasi kegiatan anak-anaknya, terutama anak-anak yang suka keluyuran keluar rumah,” ungkapnya

Polisi yang juga pengurus PCNU Subang itu menambahkan, Gafatar merupakan bagian kecil dari organisasi radikal, karena berdasarkan pengamatan dan pengalamannya, beberapa organisasi yang mirip dengan Gafatar ini sudah berkembang di Indonesia termasuk di Subang.

“Di beberapa kecamatan di Subang kami sudah menangkap orang-orang yang masuk dalam jaringan organisasi yang punya paham radikalisme terorisme,” tambahnya

Untuk itu ia menekankan agar para orangtua dan masyarakat bisa ikut andil dalam mengawasi keluarga sendiri dan orang-orang sekitar, jika terendus atau ada tanda-tanda ajaran yang dianggap menyimpang segera berkordinasi dengan para kiai, tokoh masyarakat dan pihak kepolisian.

“Sebagai tindakan antisipasi, kita sama-sama waspada, baik diri sendiri, keluarga, warga dan lingkungan agar tidak terpengaruh oleh kelompok radikal ini,” tutupnya. (Aiz Luthfi/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)