BNN Ajak Warga NU Berantas Penyalahgunaan Narkoba

Banyuwangi, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso menilai problem bangsa Indonesia khususnya dalam hal penyalahgunaan narkoba sudah pada titik mengkhawatirkan. Karenanya ia mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk NU, untuk bersama-sama memberantas praktik haram ini.

Mantan Kabareskrim yang akrab disapa Buwas ini menyampaikan, Pemerintah memutuskan bahwa negara sudah dalam status darurat penyalahgunaan narkoba. Angka kematian yang disebabkan narkoba meningkat 130 persen hanya dalam 3 bulan.

“Ini sungguh-sungguh sangat mengkhawatirkan. Kami BNN akan bekerja keras untuk dapat menekan angka negatif ini, tentunya dengan berbagai usaha yang harus didukung penuh oleh masyarakat khususnya warga NU sebagai organisasi Islam dengan massa terbesar di negara ini,” ujar Budi dalam halaqoh nasional yang diselenggarakan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi, Senin (11/1).

Forum halaqah hasil kerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) ini membahas tentang bahaya narkoba, terorisme, dan radikalisme. Turut hadir Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Saud Usman Nasution, Wakil Gubernur Jatim H Syaifullah Yusuf (Gus Ipul), Ketua PWNU Jatim KH Hasan Mutawakkil Alalloh, dan Ketua PCNU Banyuwangi H Masykur Ali.

Gus Ipul yang juga Ketua PBNU dalam sambutannya mengatakan bahwa narkoba, terorisme, dan radikalisme adalah musuh bangsa bersama, dan ketiganya harus dijadikan skala prioritas dalam hal pemberantasan masalah di negeri ini.

Baginya, acara halaqoh nasional seperti ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan kesungguhan pemerintah dalam pencegahan serta pemberantasan narkoba dan terorisme dari tingkat paling bawah yaitu akar rumput yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa. Menurutnya, NU harus berada di garda terdepan dalam mewujudkan tujuan pemerintah yang mulia ini.

Acara ini dihadiri sekitar tiga ribu warga, termasu para pengurus NU di berbagai tingkatan, perwakilan pelajar dari berbagai sekolah di Banyuwangi. (Anang Lukman Afandi/Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: