Dinbudparpora Rembang Percayakan Pendataan Potensi Pemuda kepada IPNU-IPPNU


Rembang,

Kurang lebih 300 pemuda yang mewakili setiap kecamatan se-Kabupaten Rembang, Jawa Tengah mengikuti Rapat Pembekalan Pendataan Potensi Kepemudaan Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Kabupaten Rembang di aula Sanggar Pendopo Kabupaten Rembang, Kamis (28/1/2016).

Dari pertemuan ini, diharapkan para pemuda yang terpilih sebagai pendata yang nantinya akan diterjunkan langsung ke setiap desa se-Kabupaten Rembang untuk mampu mengidentifikasi potensi pemuda yang ada di kabupaten Rembang.

Kepala Bidang Kepemudaan Suharto mengatakan, melalui pendataan yang dilakukan kali ini, pihaknya berharap dapat mengetahui potensi-potensi yang ada pada pemuda, dan juga dapat menganalisa kemampuan pemuda-pemuda Rembang.

Suharto menambahkan, bahwa lulusan SLTA di Kabupaten Rembang mencapai angka 60 ribu, dan yang masuk dalam perguruan tinggi atau memperoleh pekerjaan adalah setengahnya, yaitu 30 ribu.

Diketahui dari data Dinbudparpora Kabupaten Rembang, petugas pendataan potensi remaja yang mengikuti rapat, mayoritas terdiri dari anggota Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), baik dari Pimpinan Cabang (PC) Rembang maupun Lasem, yaitu sebanyak 80 persen dari jumlah petugas yang ada.

Kepala Seksi Kepemudaan Kabupaten Rembang, Endang Susilowati menjelaskan, mayoritas petugas pendata potensi pemuda Kabupaten Rembang didominasi dari teman-teman IPNU dan IPPNU.

Ini dikarenakan, lanjut Endang, IPNU dan IPPNU baik dari PC Rembang maupun Lasem telah menjadi Organisasi Kepemudaan (OK) terbaik di Kabupaten Rembang. Terbukti dengan telah terpenuhinya syarat-syarat keorganisasian, dan kontinuitas dalam kaderisasi.

“Di Rembang sendiri terdapat beberapa organisasi kepemudaan, dan hanya 4 organisasi yang telah memenuhi persyaratan dalam penyelenggaraan organisasi, yaitu organisasi Purna Paskibraka, Purna Pakarya, IPNU dan IPPNU,” tutupnya. (Aan Ainun Najib/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)