Ganti OSIS dengan IPNU-IPPNU Dinilai Bawa Manfaat



Jepara,
Pimpinan Komisariat (PK) IPNU-IPPNU SMK Az Zahra Mlonggo, Jepara resmi menggantikan keberadaan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di sekolah setempat.

Pergantian organisasi pelajar dari OSIS ke IPNU-IPPNU ini ditandai dengan Pelantikan pengurus masa khidmah 2015-2016 yang dilaksanakan di aula SMK Az Zahra Mlonggo, Jepara, Sabtu (23/01).

SMK berbasis pesantren yang berdiri 2008 ini pernah memiliki dua organisasi pelajar OSIS serta IPNU-IPPNU, hingga pada 9 Januari lalu dilaksanakan pemilihan ketua IPNU-IPPNU secara langsung dan secara simbolis terjadi serah terima jabatan dari OSIS ke IPNU-IPPNU.

Hasan Khaeroni, Kepala SMK Az Zahra menegaskan pihaknya sudah melakukan “istikharah” dan berpikir lahir batin bahwa hijrahnya OSIS ke IPNU-IPPNU akan membawa manfaat yang luar biasa.

Dengan IPNU-IPPNU, kata dia, akan mudah berkomunikasi dengan jaringan maupun tingkatan yang ada. “Karena IPNU-IPPNU ada mulai Pimpinan Komosariat dan Pimpinan Ranting sampai Pimpinan Pusat,” tegasnya.

Jika tidak sekarang, lulusan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini meyakini akan ketinggalan. Ia mengatakan, IPNU-IPPNU SMK Az Zahra nanti diterjunkan di masyarakat seperti pelaksanaan KKN guna mengembangkan paham Aswaja.

Dengan model pembelajaran seperti ini, menurut Hasan Khaeroni, ke depan saat anak didiknya sudah menjadi alumni tidak bimbang lagi ketika berkhidmah di masyarakat.

Ketua IPNU Cabang Jepara, M. Khoironi menyebut Komisariat SMK Az Zahra sebagai satu-satunya sekolah kejuruan di Jepara yang mengganti OSIS ke IPNU-IPPNU.

“Kami mengharapkan Komisariat SMK Az Zahra menjadi unggulan yang berprestasi dan membawa kemajuan bagi siswa dan sekolah. Ke depan agar SMA dan SMK yang lain segera menyusul ber-IPNU-IPPNU,” harap Khoironi.

Nur Faqidiyyah, Pembina IPNU-IPPNU SMK Az Zahra meminta pengurus agar kompak dan kreatif dalam berorganisasi. Dalam kegiatan yang dirangkai juga dengan up-grading pengurus menerima materi analisa diri, workshop organisasi, out bond serta simluasi. (Syaiful Mustaqim/Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)