Gerakan PBPK RMINU Jateng Lahir dari Saran Kiai Sepuh

Semarang,
Pengurus Rabithah Ma’ahid Islamiyyah NU Jawa Tengah telah melakukan kajian mendalam untuk meluncurkan program Pesantrenku Bersih Pesantrenku Keren (PBPK). Gerakan ini bertujuan untuk membangun pola pikir manajemen lingkungan dan kebersihan serta menjadikan pesantren lebih sehat, rapi, nyaman, dan asri. 

Selanjutnya santri dapat meraih berkah belajar dengan sehat dan suka cita. Pesantren bukan lagi tempat dengan kebersihan tidak terawat dan tempat yang penuh sesak.

Koordinator gerakan PBBK Ustadz H Abu Choir al-Fadholi menyatakan bahwa bersih dan sehat secara lahir adalah pangkal kejernihan pikiran, beningnya hati, dan kesehatan jasmani.  Menjadikan pesantren sebagai tempat yang bersih, rapi, dan sehat menjadi bukti bahwa pesantren selalu bisa menyerap hal-hal positif dalam perkembangan zaman. 

“PBPK merupakan program yang dirancang untuk memunculkan kesadaran internal pesantren tentang pentingnya manajemen lingkungan dan kebersihan guna meningkatkan kualitas kehidupan santri dan pesantren,” kata dosen IAIN Surakarta ini, Jumat (8/1).

Gagasan PBBK lahir atas saran dan arahan ulama sesepuh pesantren, pecinta pesantren, pecinta ulama, pecinta ilmu, pecinta lingkungan dan kebersihan. RMI Jateng menjadi motor penggerak untuk ikut andil dalam menggulirkan program ini.

Keterlibatan pihak selain RMI Jateng menjadi kunci penting suksesnya PBPK. Santri menjadi unsur utama gerakan ini sebagai eksekutor program. Mereka adalah pengasuh dan sumber daya manusia pesantren, alumni dan pecinta pesantren (akademisi, peneliti, praktisi dan individu atau kelompok yang memunyai kecintaan mendalam kepada pesantren).

Bentuk konkret dari PBPK dalam tahap awal akan dilakukan dengan memberikan pelatihan manajemen house keeping, manajemen lingkungan dan kebersihan. Selanjutnya pelatihan akan ditingkatkan sampai melahirkan standar mutu kebersihan dan kesehatan pesantren.

Sebagai pemicu awal, program ini akan menyasar 35 pesantren di Jawa Tengah untuk menjadi percontohan.  Selanjutnya program ini akan menyebar di pesantren-pesantren di Jawa Tengah dan Indonesia. Pesantren yang berada dalam naungan NU dan berminat bisa menghubungi Ustadz Abu Choir di nomor kontak 08122805726.

Partisipasi donasi bisa dikirimkan ke rekening BRI 3043-01-026279-53-1 PESANTRENKU BERSIH PESANTRENKU KEREN. (Zulfa/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: