GP Ansor Gondanglegi Gelar Muludan dah Haul Gus Dur

Malang,
Dalam rangka merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW dan haul KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Gondanglegi bersama warga membaca shalawat, dzikir dan tahlil di Pondok pesantren Raudlatul Ulum II Putukrejo, Gondanglegi, Kabupaten Malang, Rabu (6/1) malam.

Kegiatan diawali dengan membaca tahlil dan doa bersama untuk almarhum KH Abdurrahman Wahid dan para pendiri jam’iyah Nahdhatul Ulama (NU) di seluruh Indonesia. Kemudian pembacaan shalawat Simtud Durror dipimpin Habib Bagir bin Hasan Al-Mahdali sebagai Khodim Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Gondanglegi.  

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kabupaten Malang H. M. Sanusi, Khodim Majelis Darul Musthofa KH Ahmad Suroso, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Malang H. Hasan Abadi, Dewan Pembina Ansor KH Hamim Kholili, Ketua PAC GP Ansor Gondanglegi Ahmad Toha, dan para  kiai dan habaib serta banom-banom NU di antaranya Muslimat, Fatayat, IPNU dan IPPNU.

Suasana semakin meriah dan khidmat, ketika pembacaan mahallul qiyam dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dikuti semua jamaah.

Ketua PC GP Ansor Malang H Hasan Abadi mengatakan, Kecamatan Gondanglegi terutama Desa Putukrejo dan Ganjaran adalah gudangnya para kiai dan santri, sudah saatnya santri dan para pemuda NU menjadi generasi harapan bangsa, saatnya politisi, dokter, insiyur, polisi diisi para santri, karena merekalah generasi bangsa yang berakhlak.

Gus Hasan, sapaan akrabnya, mengungkapkan keinginannya untuk melanggengkan kegiatan shalawat ini sebagai daya tarik bagi generasi muda NU di Gondanglegi. Kemudian mereka memiliki kemauan kuat untuk berkhidmah di Ansor NU. Kegiatan tersebut juga sebagai media dakwah kepada masyarakat, khususnya para orang tua.

Habib Bagir Bin Hasan dalam Mauidhohnya menjelaskan, GP Ansor adalah wadah pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa. Oleh karena itu harus berada di gerbang utama dalam kemajuan bangsa dan Indonesia.

Menurut Sekteratis PAC GP Ansor Gondanglegi Abdur Rosyid Asadullah bahwa dzikir dan shalawat ini digelar untuk merajut kesejukan untuk warga Gondanglegi Kabupaten Malang setelah pelaksanaan Pilkada Kabupaten Malang.

“Semoga dengan dzikir dan pembacaan shalawat ini akan mendamaikan jiwa dan membuat diri kita tenang dan damai,” harapnya.

Senada dengan Rosyid, Ketua PAC GP Ansor Gondanglegi Ahmad Toha dengan shalawat dan dzikir, diharapkan Kabupaten Malang terus damai, kondusif dan aman. (Ansori/Abdullah Alawi)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)