IPNU-IPPNU Pamekasan Programkan Promosi Wisata Madura


, Pamekasan

Terdapat satu program andalan PC IPNU-IPPNU Kabupaten Pamekasan yang bakal digenjot realisasinya dua tahun ke depan. Program tersebut adalah promosi wisata Pulau Madura, khususnya di Kabupaten Pamekasan. Teknisnya, dengan menjadi mitra aktif Dinas Pemuda, Olahraga, dan Kebudayaan (Disporabud) Pamekasan.

Hal itu ditegaskan Ketua PC IPNU Pamekasan Kadarisman, kepada , Jumat (12/2/2016) pagi. Menurutnya, program tersebut diketengahkan dalam kepemimpinannya, karena sejauh ini promosi wisata Madura di Kabupaten Pamekasan terbilang lemah. Sehingga, kekayaan alam yang ada kurang diketahui khalayak ramai.

Dari belasan wisata yang ada, sedikitnya terdapat 3 objek wisata andalan Kabupaten Pamekasan yang belum mampu menarik simpati para wisatawan. Yakni, pantai Talang Siring di Desa Montok, Kecamatan Larangan, pantai Jumiang di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, dan Api Alam di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan. 

“Kondisi 3 objek wisata yang dikelola pemkab itu, masih terkesan tidak terurus. Tapi, sudah ada upaya pembenahan. Nah, hasil pembenahan itu yang perlu dipromosikan dan diketahui publik,” terang pria asal Desa Kertagena Tengah, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan itu.

Sementara itu, Sekretaris Disporabud Pamekasan Loeqman Hakim mengakui, ragam wisata yang dikelola selama ini sangat terbatas. Menurutnya, 3 lokasi wisata di atas masih minim fasilitas. Hal itu dikarenakan terbatasnya anggaran dari pemerintah setempat. Meski demikian, dia berjanji akan melengkapi seluruh fasilitas tersebut tahun ini. 

“Di 2016 ini kami sudah menganggarkan miliaran untuk pengembangan wisata di Pamekasan. Terutama pantai Talang Siring dan Api Alam. Masterplan dua wisata ini sudah hampir selesai,” tanggapnya. 

Dia menambahkan, dalam pengembangan wisata ke depan, instansinya tidak hanya akan mengandalkan kemampuan pemerintah dari sisi anggaran. Namun, akan bekerjasama dengan instansi lain dari luar daerah Pamekasan. Bahkan saat ini, Disporabud Pamekasan sudah bekerja sama dengan beberapa penyelenggara kenjungan wisata. 

“Tentu kami sangat mengapresiasi bila ada kepedulian dari para pelajar NU untuk turut mengembangkan wisata di Pamekasan. Kami terbuka untuk bermitra,” tandasnya. (Hairul Anam/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)