Kepala Kampung Lebak Paniangan Izinkan GP Ansor Buka Praktik Bekam di Kantor Desa



Way Kanan,
Kepala Kampung Lebak Paniangan Kecamatan Rebang Tangkas Kabupaten Way Kanan Tri Wanto mengapresiasi pelatihan bekam GP Ansor setempat yang diselenggarakan di kantornya di Rebang Tangkas, Rabu (20/1). Menurutnya, pelatihan ini memberikan maslahat bagi pemuda di daerahnya.

“Pelatihan bekam dilakukan GP Ansor Way Kanan kegiatan baik. Saya mendengar ingin setiap Selasa membuka praktik bekam. Saya izinkan untuk memanfaatkan ruangan kantor. Jika tidak muat, kita bisa menggunakan balai kampung,” kata Tri Wanto, Selasa (19/1).

Setelah melatih bekam kader GP Ansor Pakuan Ratu dan Negeri Agung, GP Ansor Way Kanan yang dipimpin Gatot Arifanto mendidik kader PAC GP Ansor Rebang Tangkas. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Kepala Kampung Lebak Paniangan yang berdekatan dengan Pasar Gincing yang ramai setiap Selasa.

“Ada organisasi kepemudaan yang mengarah ke hal-hal kurang bermanfaat. Yang dilakukan Gerakan Pemuda Ansor ini sifatnya mendorong kegiatan kepemudaan lebih baik. Bekam merupakan pengobatan yang disunahkan Rasulullah SAW yang Insya Allah mujarab,” ujar Tri Wanto.

Ia menyakini, pengobatan terbaik adalah dengan cara Islam. Ia menyarankan GP Ansor juga bisa memfasilitasi obat lain dianjurkan Nabi Muhammad SAW, jintan hitam.

“Itu banyak sekali manfaatnya. Masyarakat jangan meninggalkan pengobatan Rasulullah, sakit sedikit ke warung, berobat ke dokter. Bekam dan jintan hitam adalah pengobatan Islam yang baik,” katanya.

Sejumlah kader GP Ansor Rebang Tangkas yang dibekam mengakui tubuhnya lebih segar dibandingkan kerokan. Bekam membuat pandangan lebih terang.

“Semenjak jatuh berbulan-bulan lalu, bagian perut kiri saya sering sakit seperti ada urat yang terjepit. Tapi setelah dibekam di bagian tengkuk, urat sakit di bagian perut seperti tertarik dan sembuh. Ini tidak masuk akal, saya tidak bohong untuk mempromosikan pengobatan bekam yang dilakukan Ansor sebagai organisasi saya. Saya mengalami keajaiban dari bekam, aneh, tapi sungguh manfaatnya luar biasa,” ujar Ketua GP Ansor Rebang Tangkas Arif Makhfudin.

Ia menilai, kegiatan pelatihan bekam ini membangun semangat kader, memperat tali silaturahmi dan berpeluang menambah kesejahteraan organisasi.

“Kader GP Ansor di Rebang Tangkas menghaturkan terima kasih kepada GP Ansor Way Kanan dalam mendorong kemandirian kader dan akan menindaklanjuti kegiatan  pelatihan bekam tersebut,” pungkas Makhfud. (Junaidi Hermawan/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)