Klinik BMC Fasilitasi GP Ansor Way Kanan Buka Praktik Bekam



Way Kanan,
Pimpinan Klinik Bulan Medical Centre (BMC) Kampung Serupa Indah Kecamatan Pakuan Ratu Kabupaten Way Kanan dr Yusuf J Mustofa mendukung langkah GP Ansor setempat dalam mendorong kemandirian kader untuk memiliki keterampilan bekam. Ia memperkenankan aktivis GP Ansor membuka praktik bekam di kliniknya.

“Ini merupakan program kewirausaahan GP Ansor yang bagus. Ini luar biasa. BMC tidak akan meminta hasil pendapatan dari usaha bekam atau hijamah, tidak perlu bagi hasil. Klinik memfasilitasi, mendukung, dan menaungi penuh dibukanya praktik bekam,” ujar dr Yusuf di Pakuan Ratu, Sabtu (23/1).

GP Ansor Way Kanan melatih kader sejumlah pimpinan anak cabang belajar bekam (pengobatan mengeluarkan darah kotor sesuai sunah Nabi Muhammad SAW) sebagai komitmen meningkatkan kemandirian guna menopang pergerakan organisasi. Program ini diberi nama Halal atau Hijamah Sambil Beramal sehubungan sebagian dari pendapatan bekam digunakan untuk bantuan sosial dan pendidikan.

“Kemarin dalam nota kesepahaman diajukan oleh PAC GP Ansor Pakuan Ratu tercantum bagi hasil, tetapi saya ganti karena klinik tidak sedikit pun ingin ikut campur masalah itu. Jadi silakan masalah hasil dana itu dikelola sendiri oleh Ansor. Klinik hanya menyediakan tempat, jadi tidak ada bagi hasil, Insya Allah kami ikhlas,” ujarnya.

Dokter Yusuf berharap, melalui praktik bekam yang akan dibuka di kliniknya GP Ansor bisa mandiri. “Praktik bekam ini kalau bisa resmi diluncurkan pada saat Harlah Ke-90 Nahdlatul Ulama pada 31 Januari 2016. Di acara peringatan harlah itu akan banyak jamaah yang hadir, jadi nanti sekalian disyiarkan apa itu bekam dan apa manfaatnya,” kata dia lagi.

Ketua GP Ansor Way Kanan Gatot Arifianto mengapresiasi positif respon Klinik BMC terhadap langkah yang dilakukan pihaknya. “Alhamdulillah, terima kasih kami sampaikan kepada dr Yusuf dan Klinik BMC. Semoga yang dilakukan BMC dan GP Ansor bernilai ibadah dan bermanfaat bagi masyarakat sesuai niat dan namanya, ‘Halal’,” ujar Gatot didampingi Ketua PAC Pakuan Ratu Bakti Gozali.

Berdasarkan kesepakatan, pelayanan bekam di Klinik BMC nantinya akan dibuka setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 16.30 WIB. Khusus untuk Jumat, pelayanan dimulai pukul 13.00 hingga 16.30 WIB. (Syuhud Tsaqafi/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)