Konfercab, IPNU-IPPNU Jombang Laporkan Capaian Strategis

Jombang, Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menggelar konferensi cabang (Konfercab) sebagai tanda purnanya masa kepengurusan organisasi tersebut.

Dalam kesempatan ini PC IPNU-IPPNU Jombang melaporkan capaian-capaian strategisnya selama dua tahun, terutama dalam aspek penyebaran keberadaan IPNU-IPPNU di berbagai wilayah Jombang.

Abdul Rosyid, Ketua PC IPNU Jombang mengungkapkan bahwa keberadaan IPNU-IPPNU Jombang sudah tersebar luas di berbagai wilayah, dimulai dari Pengurus Ranting (PR) di setiap desa hingga Pimpinan Anak Cabang (PAC) di wilayah kecamatan dan perguruan tinggi.

“Dari 21 kecamatan di Jombang, alhamdulillah kita bisa melakukan ekspansi IPNU-IPPNU di 15 kecamatan, sementara untuk komisariat yang dulu hanya menargetkan 15 komisariat, sekarang sudah ada 32 pimpinan komisariat,” katanya saat memberikan sambutannya, Rabu (30/12).

Capaian-capaian tersebut mendapat respon positif dari KH Isrofil Amar sebagai Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat. Ia merasa bangga dengan gerakan-gerakan anak muda dalam menyebarluaskan NU khususnya di Jombang. “Saya bersyukur alhamduliullah melihat gerakan adik-adik IPNU-IPPNU di masa kepengurusan tahun 2013-2015, sangat membanggakan dapat membentuk komisariat-komisariat yang asalnya belum ada sekarang sudah ada dan bertambah banyak,” ujarnya di depan peserta Konfercab dan para undangan.

Ia berpesan kepada pelajar IPNU-IPPNU untuk menjadi kader yang dibanggakan oleh agama, NU dan bangsa. “Ada dua posisi IPNU-IPPNU yang sangat penting. Posisi pertama adalah sebagai kader agama dan kader NU, sementara posisi yang kedua adalah sebagai kader bangsa, maka antara bangsa dan agama harus menjadi satu keterpaduan. Dan itu adalah NU,” ungkapnya.

Sementara Ketua PC IPPNU Jombang Aliyah menekankan Konfercab berfungsi sebagai sarana merumuskan strategi dalam membenahi kelembagaan dan gerakan IPNU-IPPNU. “Jangan hanya dalam konferensi ini hanya untuk memilih ketua. Akan tetapi, bagian yang paling penting adalah menata ulang kembali organisasi IPNU-IPPNU di Jombang ini agar lebih baik,” terangnya.

Kegiatan ini diselenggarakan di halaman MTs Al-Himah, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang selama dua hari, Rabu-Kamis (30-31/12/2015). Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Jombang Hj Munjidah Wahab, Ketua PCNU Jombang dan jajarannya, pengurus Muslimat NU, Fatayat NU, perangkat desa setempat dan semua peserta konfercab dari masing-masing ranting hingga PAC se-Jombang. (Syamsul Arifin/Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)