Kuliah ke Luar Negeri, Kader NU Siap Majukan Indonesia



Bandung,
Sekitar 46 mahasiswa dan mahasiswi kader muda Nahdlatul Ulama (NU) mengikuti pelatihan untuk persiapan melanjutkan pendidikan pascsarjana atau master di luar negeri pada Rabu (13/1/2016) lalu.

Kegiatan yang diselenggarakan Lembaga Swadaya Masyarakat Mata Air ini diisi dengan berbagai materi di antaranya ke-NU-an, Aswaja, motivasi, latihan TOEFL, info beserta strategi meraih beasiswa, dan membangun jaringan internasional.

Reyza Prasetyo, mahasiswa Teknik Material Institut Teknologi Bandung (ITB), salah satu peserta training, tersebut pada Sabtu (16/1)mengungkapkan keikutsertaannya dalam rangka mengembangan kapasitas diri.

Santri asal pesantren Tashilul Huda Pekalongan berencana ketika sudah diterima sekolah master di negara yang diinginkan, ia siap untuk ikut berkontribusi dalam kepengurusan NU cabang istimewa.

“Selain kepada NU, saya ingin membantu menyelesaikan permasalahan pesantren dengan aplikasi keilmuan yang dimiliki,” ujar mahasiswa yang hendak melanjutkan ke Materials For Energy Faculty Material Sciense Engineering Delft University of Technology Belanda.

Dalam kesempatan yang sama, Rizky M Subagja, mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, memandang prospek pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas kader-kader muda NU dalam menciptakan insan ulul albab dan global minded humans.

“Kegiatan yang bermanfaat sebagai jurus jitu menembus beasiswa luar negeri, menumbuhkan jiwa kepemimpinan, solidaritas dan kepedulian yang tinggi, serta melatih soft skill mahasiswa,” ujar mahasiswa jurusan Kewarganageraan UPI itu.

“Saya optimis untuk melanjutkan kuliah S2 di Jurusan Political International, Monash University, Australia,” tambahnya.

Setelah nanti diterima kemudian menyelesaikan studi, Rizky ingin berkontibusi kepada NU dan Indonesia. “Konsisten memperjuangkan Islam rahmatan lil ‘alamin dan membela Tanah Air Indonesia berdasarkan nilai-nilai Aswaja dan Pancasila sebagai wujud keimanan warga negara terhadap Ketuhanan Yang Maha Esa,” tegasnya.

Sementara itu narasumber yang hadir diantaranya Komandan Banser Jawa Tengah Dr Hasyim Asyari, Wakil Ketua Pengurus Pusat RMINU KH Agus Zainal Arifin , dan lain-lain. (M. Zidni Nafi’/Abdullah Alawi)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: