LPTNU Fokus Bangun Pengembangan Sumber Daya



Jakarta,
Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) menggelar rapat konsolidasi progam di Jakarta, Ahad (24/1) siang. Rapat yang dipimpin Ketua LPTNU Prof DR M Nasir dan sekretarisnya Lukmanul Hakim membahas tema prioritas progam kerja LPTNU tahun 2016 terutama memperbaiki perguruan-perguruan tinggi NU.

Prof Dr M Nasir mengatakan, kegiatan yang dilakukan kali ini selain memperkuat organisasi juga untuk melakukan perbaikan-perbaikan di LPTNU. Salah satu di antaranya adalah sumber daya yang ada.

“Sangat penting sekali sumber daya, sebab inilah yang akan menentukan kualitas perguruan tinggi Nahdlatul Ulama,” kata Nasir kepada .

Tentang sumber daya, Nasir menambahkan, masing-masing perguruan tinggi harus memahami sistem penjamin mutu internal yang ada di lingkungan perguruan tinggi. “Sehingga mereka mengerti apa yang harus dilakukan oleh pergururuan tinggi atau universitas,” tambahnya.

Terkait pengembangan kapasitas, Nasir juga mengatakan LPTNU akan bekerja sama dengan pemerintah dalam hala penyediaan beasiswa. Sebab pemerintah sendiri sudah menyediakan anggaran besar untuk beasiswa baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

“Kalau bisa LPTNU mampu mengambil peluang itu, bukan berarti memudahkan. Kalau ada kader yang memenuhi kualifikasi, kita ajukan,” kata pria kelahiran Ngawi.

Selama ini mungkin perguruan tinggi di bawah LPTNU belum mendapatkan informasi yang utuh atau lengkap. “Di sinilah fungsi LPTNU untuk memberikan informasi tersebut,” sambung Nasir.

Ada 23 kampus NU baik itu dalam bentuk sekolah tinggi, institute, dan universitas sudah berbadan hukum. Artinya aset serta yayasannya sudah milik organisasi NU. Nantinya, perguruan tinggi inilah yang akan dikendalikan secara penuh.

“Sedangkan perguruan tinggi yang dimiliki oleh seseorang, atau kelompok masyarakat yang berafiliasi dengan NU, akan diajak koordinasi dan pembinaan,” pungkasnya. (Faridur Rohman/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)