Mbah Moen, Kang Said dan Bupati Rembang Resmikan Masjid Al-Amin Pamotan


Rembang, Mustasyar PBNU KH Maimoen Zubair, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, dan Bupati Rembang H Abdul Hafidz meresmikan Masjid Al-Amin Desa Pamotan Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Selasa (17/5) sore. Mereka membubuhkan tanda tangan di atas prasasti raksasa yang dibuat oleh panitia.

Para hadirin tampak membludak mulai dari orang tua hingga anak-anak. Mereka antusias mendengarkan secara langsung taushiyah dari KH Maimoen Zubair dan KH Said Aqil Siroj. Mereka berbondong-bondong sebisa mungkin untuk mendekati podium.

Dalam kesempatan tersebut, kedua pentolan PBNU secara kompak membicarakan gagasan Islam Nusantara dan nasionalisme. Kang Said, sapaan akrab KH Said Aqil Siroj, di hadapan jamaah mengungkapkan rasa syukur atas masih adanya jati diri pada warga Indonesia dan warga NU.

“Warga Indonesia ini masih mempunyai kepribadian yang bermartabat, dan bergengsi. Walaupun di Desa Pamotan, masih bergengsi. Dibanding umat Islam di negara-negara Arab,” katanya.

Ia menambahkan, di negara Timur Tengah akidahnya masih jauh. Ibadahnya masih jauh. Tapi tidak mempunyai ketahanan yang kokoh menerima arus globalisasi menimbulkan gejolak yang sangat luar biasa. “Ternyata budaya, karakter, kepribadian, jati diri, umat Islam di Timur Tengah ambruk. Mereka saling bunuh-bunuhan sesama Islam, sesama muslim,” jelasnya.

Berbeda halnya dengan Indonesia yang masyarakatnya bersatu. Ia menilai rakyat Indonesia mempunyai kepribadian yang kuat, yang kokoh, sehingga tidak mudah tergoyahkan dan terprovokasi. Seperti halnya warga Nahdliyyin.

Selanjutnya, Mbah Moen (KH Maimoen Zubair) dalam kesempatan itu menjelaskan tentang jiwa nasionalisme yang harus ditanamkan dalam rakyat Indonesia dan warga NU. Mbah Moen menyebutkan kepanjangan dari PBNU yang merupakan dasar dari Negara Indonesia. “PBNU itu kepanjangan dari Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan Undang-Undang 1945. Inilah yang harus kita jadikan pedoman,” terang kiai sepuh yang kini berusia 91 tahun tersebut.

Sebelumnya, dalam sambutan Bupati Rembang H Abdul Hafidz membeberkan terkait proses pembangunan masjid tersebut. Abdul Hafidz selain sebagai Bupati Rembang saat ini juga selaku ketua pembangunan Masjid Al-Amin Desa Pamotan Kecamatan Pamotan.

Di akhir acara, Mbah Moen berkesempatan untuk memimpin doa. Tampak pula beberapa tokoh yang hadir di antaranya Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto, Kapolres Rembang, Dandim Rembang, Kapolsek Pamotan, Koramil Pamotan, Camat Pamotan, dan beberapa badan otonom NU yang berada di Kabupaten Rembang. Serta Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dari beberapa Satkoryon se-Kabupaten Rembang. (Aan Ainun Najib/Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)