Obrolan musik Rhoma Irama dengan Kang Said

Jakarta, NU Online
H Rhoma Irama bertemu Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di gedung PBNU Selasa (5/1).Pada kesempatan itu, hadir sebagai Ketua Umum Partai Islam Damai Aman (Idaman). Namun obrolan tentang musik tak terhindarkan. Bahkan pembicaraan partai tak lebih dari seperempat waktu pertemuan.  

Awal perbincangan tentan musik ketika Kiai Said mengutarakan menyukai lagu-lagu Rhoma Irama. Kiai Said menyebut Pesta Pasti Berakhir, Tangan-Tangan Hitam dan Malam Terakhir.

Kemudian kiai yang pernah nyantri di Kempek, Lirboyo, dan Krapyak tersebut mengutip tokoh sufi Dzunun al-Mishri yang mengatakan, bahwa musik adalah suara kebenaran. Jika bermusik dengan ikhlas ia bisa mendekati tuhannya.

Dalam perbincangan itu Rhoma Irama menyampaikan resepnya dalam bermusik. Untuk menghasilkan sebuah karya yang baik, seorang musisi harus mengawinkan seluruh unsur, mulai dari lirik, bit, dan aransemen dengan total.

Rhoma Irama memulai karir musiknya di tahun 70-an bersama grup Soneta. Hingga saat ini ia masih menekuni di bidang itu, disamping partai politik. (Adi Sucipto/Abdullah Alawi)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)