Pagi ini, LTN PBNU Latih Jurnalistik dan Media Sosial di Menes


Jakarta,

Lembaga Ta’lif Wan Nasyr (LTN) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama akan mengadakan Pelatihan dan Konsolidasi Media Sosial NU di Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Linahdlatil Ulama, Menes, Pandeglang, Banten mulai pagi ini. Sabtu (23/1). Kegiatan tersebut akan berlangsung sampai Ahad (24/1).

Panitia pelaksana pelatihan, Ayi Fahmi, mengatakan pelatihan yang meliputi pelatihan jurnalistik dan pemanfaatan media sosial yang akan diikuti oleh santri serta NU dan banomnya dari tiga kabupaten, yaitu Serang, Pandeglang, dan Lebak.

Ia menyatakan bahwa alasan diadakannya pelatihan, menanggapi saat ini banyak terdapat media sosial yang membawa paham radikal. Melalui pemanfaatan teknologi informasi secara masif kelompok-kelompok radikalis berkembang pesat. 

Wakil sekretaris LTN NU itu menjelaskan cara melawan kelompok radikal yang berbasis teknologi informasi adalah dengan melakukan hal yang sama, salah satunya dengan pelatihan ini sebagai upaya awal mengoptimalkan peran teknologi informasi yang tepat sasaran. 

“Kita susun strategi bersama untuk melahirkan konten yang ala Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah, tidak bisa sembarangan memuat konten karena bisa memperkeruh konstalasi,” paparnya saat diwawancarai, Jumat (22/1), di Media Center PBNU Lantai 5.

Ia menegaskan bahwa selain upaya dari aparat dalam menangani kelompok berpaham radikal, kita perlu melawan bersama melalui pemanfaatan media sosial sebagai lahan dakwah secara masif.

“Kita akan bangun sumber daya manusia, supastruktur maupun strategi pembuatan konten. Dalam pelatihan akan dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas jurnalistik dan kelas teknologi informasi,” pungkasnya. (Afifah Marwa/Abdullah Alawi)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: