PBNU Agendakan International Summit of The Moderate Islamic Leaders


Jakarta,

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) secara definitif akan mengagendakan pertemuan atau konferensi para pemimpin moderat dunia Islam dengan tajuk International Summit of The Moderate Islamic Leaders. Kegiatan ini direncanakan akan diselenggarakan pada Mei 2016 di Hotel Borobudur Jakarta.

Sekjen PBNU, Helmy Faishal Zaini dalam pengarahannya mengatakan, pertemuan internasional para pemimpin dunia Islam ini dilakukan mengingat pergeseran politik dunia akibat gelombang globalisasi memberi dampak besar bagi dunia dan Islam.

Dia menuturkan, salah satu kondisi nyata adalah konflik di negara-negara Timur Tengah yang digerakkan oleh kelompok radikal menimpa hampir semua negara. “Kondisi mengakibatkan tergusurnya kekuatan Islam Ahlussunnah wal Jamaah, demikian juga di kawasan Asia Tengah dan Asia Selatan,” ujar Helmy dalam rapat bersama panitia pelaksana kegiatan ini, Selasa (26/1/2016) di lantai 5 Gedung PBNU Jakarta.

Sementara itu, menurut keterangan salah satu panitia Juri Ardiantoro, konferensi ini merupakan upaya mewujudkan spirit Islam Nusantara ke dunia internasional. Hal ini sebagai tindak lanjut dari konflik dan ketegangan yang seolah tak ada habisnya antara negara maupun kelompok-kelompok Islam di dunia. 

“Untuk kegiatan ini, Islam Indonesia berusaha menjadi model bagi dunia Islam untuk mengurai ketegangan antara aliran-aliran Islam di dunia yang selama ini seakan menjadi faktor konflik,” jelas pria yang juga Ketua LTN PBNU ini.

Dia menambahkan, kegiatan konferensi ini akan menghadirkan sekitar 300 peserta yang terdiri dari para pemimpin dunia Islam, para pemikir Islam, dan para pemimpin organisasi Islam dunia.

Rapat perdana untuk kegiatan konferensi ini dihadiri oleh Ketua PBNU Mohammad Maksoem Mahfoedz, Robikin Emhas, dan Eman Suryaman, Wasekjen PBNU Masduki Baidlowi dan Andi Najmi Fuadi, serta para penitia pelaksana lain yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan para seksi. (Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)