Pelajar NU Ketanggungan Perkuat Gerakan Melalui Kajian Aswaja


Brebes,

Kajian Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) Untuk memperkokoh pemahaman Ahlussunah Wal Jamaah (Aswaja) bagi kader muda dan pelajar Nahdlatul Ulama (NU). Kajian ini diprakarsai Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar NU dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPNU-IPPNU) Ketanggungan yang dikemas dalam agenda IPNU-IPPNU Bersholawat, Ahad (15/5) lalu.

Pembina IPNU PAC Ketanggungan Ahmad Fauzan El Azizi mengakui, tidak semua kader NU mengetahui secara gamblang tentang Aswaja. Sebab, kader muda NU tidak seluruhnya berlatar belakang pesanteren atau nyantri. Sehingga perlu diberi pemahaman yang lebih mendalam tentang Aswaja. Disamping itu, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahim para kader muda NU se-Kecamatan Ketanggungan. 

“Tidak hanya itu, kajian Aswaja juga untuk merangsang semangat kader NU dalam berbagai aktivitas kegiatan sehingga mampu menarik minat para pemuda dan pelajar untuk bergabung dengan IPNU-IPPNU,” ujar Fauzan.

Kajian Aswaja yang berlangsung di Masjid jami An-Nidzom, Desa Kubangsari Ketanggungan itu, diisi Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikmah Ketanggungan KH Agus Hadi. Dia membahas tentang pentingnya bermadzhab. Dengan bermadzhab, bukan berarti tidak berpedoman kepada Al-Quran dan Hadits seperti apa yang dituduhkan kaum Wahabi yang anti-madzhab. Justru, kaum Nahdliyin yang bermadzhab Imam Syafii dengan paham Aswaja berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan Hadist dengan mengikuti pemahaman para ulama, bukan dengan akal sendiri. 

“Karena memahami al-Qur’an dan hadits hanya tekstual belaka dan dengan pemikirannya sendiri, justru bisa keliru dan sesat tatkala tidak sesuai dengan ijma para ulama,” tandas Kiai Agus Hadi. 

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan Pelantikan Pengurus Pimpinan Ranting IPNU Kubangsari oleh Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Brebes Ferial Farkhan Ibnu Ahmad. Sedangkan untuk PR IPPNU dilantik oleh Ketua PC IPPNU Brebes Ade Mely Seftiana dalam suasana yang hikmat.

Dalam sambutannya, Feri berpesan agar para pengurus yang telah dilantik mampu memikul tanggung jawab menjalankan roda organisasi. Menyukseskan Program kerja dan melakukan kegiatan yang bisa  memajukan organisasi.bukan hanya ajang seremonial belaka.

Adapun pengurus ranting IPNU Kubangsari yang dilantik antara lain Ketua Fahrurrozi, Sekretaris Wahyu hidayat, Bendahara Khaerul Anwar. Sedangkan PR IPPNU Kubangsari antara lain Ketua Khofifah, Sekretaris Fauziah Aini, dan Bendahara Siti Nur Azizah, (Wasdiun/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)