Polwan Sosialisasi Etika Berlalu Lintas di MA NU Kudus



Kudus,
Seluruh siswa Madrasah Aliyah NU Ibtidaul Falah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mendapat kunjungan dari kepolisian setempat, Sabtu (23/1). Polres Kudus bekerja sama dengan Polsek Dawe mengadakan sosialisasi perihal tata cara dan etika dalam berlalu lintas yang bertempat di Balai Desa Jurang, Kecamatan Gebok, Kudus.

Kegiatan ini berangkat dari keinginan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya, khususnya di kalangan remaja. Lia, polwan dari Polres Kudus sebagai pemateri mengatakan, di antara faktor kecelakaan adalah minimnya wawasan tentang aturan berlalu lintas.

“Terjadinya kecelakaan diakibatkan oleh kendaraan yang semakin bertambah setiap harinya, sementara jalan masih sama dan pengetahuan lalu lintas yang rendah,” ungkapnya.

Lia dalam kesempatan itu juga memutar sebuah video tentang kecelakaan ekstrem yang menghilangkan nyawa seseorang. Video tersebut mempertontonkan insiden kecelakaan yang dialami siswi SMA yang membuat kepala korban terputus. Tayangan itu membuat seluruh siswa dan siswi teriak histeris.

Lia pun menyelipkan motivasi bersamaan dengan diputarnya video tersebut, “Lihatlah mereka yang berniat mencari ilmu, mempunyai cita-cita yang tinggi harus merelakan impiannya ketika kecelakaan menghilangkan nyawa mereka. Maka dari itu, jangan sia-siakan nyawa berharga kalian dengan tidak memakai helm,” pesannya dengan penuh harap.

Pemutaran video ini ditujukan agar siswa lebih paham dan sadar akan pentingnya mamatuhi aturan dan berhati-hati saat berkendara. “Pelanggaran adalah awal dari kecelakaan. Jika tidak mau itu terjadi, maka tunjukkan tanggung jawab Anda sebagai pelopor tanggung jawab lalu lintas,” tegasnya.

 (Aang Riana Dewi, Pelajar MA NU Ibtidaul Falah/Red: Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)