Ragam Atraksi Ramaikan Harlah Pagar Nusa di Sukoharjo

Sukoharjo,
Beragam atraksi mulai rampak pencak manggala nusa yang berkolaborasi dengan tim jathilan dari Ponorogo pimpinan Gus Mudrik memeriahkan peringatan Hari Lahir (Harlah) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa ke-30 di Gentan, Bendosari, Sukoharjo, Jawa Tengah, Ahad (10/1).

Tak hanya itu, atraksi lain seperti keprukan benda-benda keras, sabetan senjata tajam, lindasan motor dan lainnya juga diperagakan oleh para pendekar Pagar Nusa dari Wilayah Solo Raya dan sekitarnya.

Menurut ketua panitia Thoha Ulil Albab, acara ini diselenggarakan berkat dukungan dari para tokoh NU dan pendekar sepuh Sukoharjo dengan tema “Satukan Langkah dan Gerak Untuk NU dan Bangsa bersama Pagar Nusa.

“Harapan dari acara ini adalah terjalinnya silaturahmi antar cabang se-Solo Raya dan berbagai ranting di Sukoharjo khususnya,” terangnya.

Thoha menambahkan, dalam Pagar Nusa tidak hanya mengajarkan bela diri semata, tetapi Pagar Nusa juga menjadi wadah untuk menjembatani dan mengejawantahkan ajaran-ajara yang diwariskan para pendahulu NU.

“Maka setiap anggota Pagar Nusa mempunyai kewajiban untuk mengaplikasikan ajaran Ahlussunnah Waljama’ah di lingkungan terkecil mereka,” kata Thoha.

Acara ditutup dengan Salam Pagar Nusa Kolosal, serta pemberian Piagam Penghargaan untuk beberapa Cabang Pagar Nusa. (Ajie Najmuddin/Abdullah Alawi)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)