RSI Siti Hajar Sidoarjo Sosialisasi Kesehatan Gigi pada Anak


Sidoarjo,

Puluhan siswa Raudlatul Atfal (RA) Raden Patah Sidoarjo mengikuti sosialisasi dan pemeriksaan gigi secara gratis yang diadakan oleh Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Sidoarjo, di lantai 2, Kamis (28/1).

Dokter spesialis gigi anak, dr Dini Safitri mengatakan, menggosok gigi sangat penting untuk melindungi gigi agar menjadi kuat. Terutama pada anak usia dini, sebaiknya dilakukan selama tiga kali sehari.

“Menggosok gigi sebaiknya dilakukan rutin sehari tiga kali yakni sesudah sarapan, sore dan sebelum tidur,” kata dr Dini.

Ia menegaskan bahwa minum susu sebaiknya jangan dilakukan dengan menggunakan dot. Lebih baik menggunakan gelas saja. Karena minum susu menggunakan dot dapat membuat gigi anak bagian atas bisa ke depan.

“Minum susu menggunkan dot bisa mengakibatkan gigi anak bagian atas bisa ke depan. Jika minum susu sebelum tidur, sebaiknya langsung dilakukan gosok gigi agar tidak menimbukan kuman pada gigi. Karena pada saat tidur, sisa susu kental di dalam rongga mulut bisa menyebabkan gigi berlubang,” saranya.

Lebih jauh dr Dini menyampaikan, anak pada usia 6 tahun, gigi geraham paling belakang sudah keluar. Walaupun tidak ada keluhan, sekitar 6 bulan sekali harus kontrol. Tanpa harus menunggu gigi anak goyang.

“Pada anak yang berusia 6 bulan sampai 2,5 tahun, mereka memiliki 10 gigi susu atas dan 10 gigi bawah. Terkadang ada juga yang sampai 12 atas dan bawah. Pada saat usia 6 tahun ke atas baru tumbuh gigi tetap,” jelasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, salah satu siswa RA Raden Patah Sidoarjo, Danang kelompok B mengaku senang bisa mengikuti sosialisasi dan pemeriksaan gigi yang dilakukan oleh RSI Siti Hajar Sidoarjo.

“Ketika diperiksa gigi saya tadi gak takut. Saya setiap hari gosok gigi, pagi, sore dan malam,” ucapnya singkat. (Moh Kholidun/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)