Sikapi Aliran Sempalan, LBM Lampung Gelar Halaqah



Pringsewu,
Sebagai langkah konkret menghadapi masalah banyaknya aliran dan paham sempalan yang tumbuh di tengah masyarakat dewasa ini, Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PWNU Lampung akan menggelar Halaqah Para Alim Ulama di Provinsi Lampung.

“Saat ini sudah mulai berkembang banyak aliran-aliran sempalan seperti MTA, Gafatar, dan sejenisnya di Kabupaten Tulang Bawang,” ujar Ketua LBM PWNU Lampung Ustadz Munawir saat mengadakan silaturahmi ke PCNU Tulang Bawang sekaligus dalam rangkaian persiapan bahtsul masail PWNU Lampung, Jumat (28/1).

Ia menambahkan bahwa ada dua agenda yang akan dilaksanakan pada kegiatan bahtsul masail yaitu bahsul masail waqi’iyah dan halaqah para Alim Ulama seputar keberadaan Ahlussunnah wal JAMAAH sekarang ini. “Dalam Halaqah nanti akan dijelaskan secara langsung tentang amaliyah ajaran Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) kepada para tokoh agama khususnya di Kabupaten Tulang Bawang ” jelasnya.

Gus Nawir menyampaikan kekhawatirannya akan keberadaan beberapa amaliyah-amaliyah Aswaja yang saat ini sudah mulai ditinggalkan khususnya di daerah perkotaan. “Contohnya sekarang ini sudah mulai banyak terjadi warga NU yang meninggalkan kelompok Yasinan yang ada di lingkungannya,” kata Gus Nawir.

Hadir dalam silaturahmi ini jajaran pengurus PCNU Tulang Bawang serta beberapa kiai yang berasal dari Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Provinsi Lampung. Dalam pembahasan halaqah ini disepakati akan digelar pada Maret mendatang di pesantren asuhan KH Sodiqul Amin Kabupaten Tulang Bawang. (Muhammad Faizin/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)