Tips Mencegah Penyakit Saat Musim Hujan Tiba

Sidoarjo, NU Online
Kepala Humas Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Sidoarjo dr Silvy Rahmah Yanthy mengatakan, musim penghujan seperti saat ini, ada penyakit yang harus diwaspadai. Seperti penyakit influenza dan diare. Karena sebagian virus influenza menyebar lewat kontak langsung.

“Adapun tips untuk mencegah sakit yang menyertai saat musim hujan seperti influenza itu diantaranya, usahakan sebelum memegang makanan mencuci tangan menggunakan sabun, mengonsumsi makanan yang bergizi khususnya yang dapat menambah daya tahan tubuh yang terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Bisa juga mengonsmsi berbagai jenis macam suplemen makanan yang mengandung vitamin C,” kata dr Silvy, Kamis (7/1).

Sementara itu, lanjutnya, untuk mencegah terjadinya penyakit diare, yakni dengan menjaga kebersihan selokan terutama yang tersumbat dan biasanya meluap serta membawa parasit cacing dan amuba, membuang sampah pada tempatnya, membiasakan untuk mencuci tangan dan kaki sesering mungkin, memakai alas kaki untuk mencegah penyebaran kotoran atau parasit yang masuk melalui kulit, tidak membeli makanan, dan minuman di sembarang tempat.

Dokter yang bertugas di Rumah Sakit NU ini menjelaskan, pada saat musim hujan, perbanyaklah mengonsumsi vitamin dan nutrisi untuk menjaga kondisi tubuh. Selain itu, agar selalu menyediakan oralit di rumah. “Yang paling penting adalah selalu menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit selama musim hujan turun,” jelasnya.

Lebih jauh, dr Silvy menerangkan, minum vitamin bila diperlukan (sadar diri bila aktivitas tinggi dan kondisi tubuh akan turun). Menjaga kondisi tubuh juga bisa dengan tidak terlalu memforsir tubuh. Karena kelelahan sering juga menjadi salah satu faktor timbulnya penyakit. 

“Memperbanyak minuman hangat seperti teh ataupun air putih hangat juga bagus. Selain itu disaat musim hujan, kita juga perlu menyediakan payung, jas hujan, maupun jaket,” pungkas dr Silvy. (Moh Kholidun/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)