Koin NU ini Telah Capai 5 Miliar, Luar Biasa

Komitmen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) terkait dengan pembiayaan Muktamar ke-34 di Provinsi Lampung secara mandiri benar-benar dilakukan. PBNU telah menginstruksikan kepada seluruh PWNU sampai dengan pengurus ranting untuk melakukan penghimpunan Koin Muktamar. Per hari ini, Jumat (10/1) Koin Muktamar terkumpul Rp 5 miliar.
Pernyataan itu disampaikan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj saat menghadiri Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) Angkatan II PP Muslimat NU di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jumat (10/1).

“Lima sudah terkumpul. Baru Rp 5 miliaran. Nanti insyaallah masih terus sampai Oktober,” kata Kiai Said.
Pengasuh Pesantren Luhur Al-Tsaqofah ini menyebut Koin Muktamar adalah kegiatan mengumpulkan atau gotong-royong berupa koin atau uang dan atau benda berdasarkan kemampuan warga NU. Tujuannya, agar tidak bergantung kepada siapa pun terkait semua kebutuhan muktamar.
“Kita kumpul resmi saja 7 (peserta) x 514 (cabang dan wilayah). Jadi 3.598 itu saja peserta yang resmi lho. Lha kalau romlinya (penggembira) ya enggak kehitung,” tuturnya.
PBNU, lanjutnya, tidak mematok bantuan uang semata, tetapi semua yang bisa disumbangkan oleh kader dan warga NU seperti hasil bumi, ternak, dan lain sebagainya.
“Cabang NU Mesuji (Lampung) sudah siap 10 ton beras, 1.000 ayam. Belum lagi dari Lampung yang lain, ada yang menyiapkan sapi dan sebagainya. Kita collect dari sana-sini, tidak akan membebani siapa pun,” ungkapnya.
Sebagaimana diketahui, berdasarkan Surat Keputusan Nomor 420/AII/04 D/10/2019, Muktamar ke-34 NU dilaksanakan di Provinsi Lampung. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan penyelenggaraan muktamar dilaksanakan pada tanggal 5-10 Rabiul Awwal 1442 Hijriah atau tanggal 22-27 Oktober 2020, yang berbarengan dengan momen Hari Santri. Persiapan Muktamar sudah dilakukan, termasuk perencanaan pembiayaan yang diharapkan berasal dari gerakan Koin Muktamar.
PBNU menginginkan muktamar kali ini dengna pembiayaan dari NU, oleh NU, dan untuk NU. Maka, melalui gerakan Koin Muktamar seluruh Nahdliyin di seluruh penjuru dunia diharapkan mampu membangun kemandirian untuk agenda lima tahunan NU itu.
Gerakan Koin Muktamar sendiri merupakan ikhtiar berkesinambungan guna mencapai kemandirian finansial NU. Semenjak peluncuran program nasional Koin NU, yang terbukti telah menghasilkan capaian yang cukup signifikan, baik dari sisi manajerial, penghimpunan, program hingga pelaporan.
“Mari kita sukseskan Muktamar NU ke-34 dengan ikut berpartisipasi melalui gerakan Koin Muktamar agar kita mendapatkan berkah dari Allah dan mendapatkan rahmat-Nya fid dunia wal akhirat. Koin Muktamar dari NU, oleh NU, untuk NU,” tutur Kiai Said.
Kontributor: Abdul Rahman Ahdori
Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: