Android Kuasai 51,8% Pasar Amerika

New York – Android menguasai pangsa pasar sistem operasi mobile di Amerika Serikat. Pasar Android bahkan lebih besar dibandingkan dengan gabungan pangsa pasar sistem operasi mobile lainnya, demikian menurut laporan baru Nielsen.

Penelitian Nielsen menunjukkan 51,8 persen pemilik ponsel cerdas di AS menggunakan ponsel Android. Program iOS dari Apple memiliki pangsa pasar 34,3 persen dan sisanya dibagi antara BlackBerry dari RIM (8,1 persen) serta Windows Mobile dan Windows Phone 7 dari Microsoft (4,3 persen).

Symbian dan Palm OS memiliki kurang dari satu persen pangsa pasar atau masing-masing 0,9 persen dan 0,6 persen.

Laporan ini sejalan dengan laporan terbaru dari comScore yang mengklaim Android menguasai 50 persen pangsa pasar pada bulan Februari 2012.

Angka Nielsen dalam tiga bulan terakhir memberi gambaran yang lebih cerah untuk Android dan iOS dengan pangsa pasar masing-masing melompat menjadi 54,6 persen dan 36,3 persen.

Jika digali lebih dalam, Apple mendominasi pasar karena sejauh ini merupakan produsen terbesar dengan pangsa 34,3 persen. Samsung berada di posisi kedua dengan pangsa 17 persen, diikuti oleh HTC, Motorola dan RIM. Juga menarik dicatat bahwa secara keseluruhan Nokia dikalahkan oleh Samsung dan HTC, bahkan ketika mereka menggunakan handset Windows 7.

Kita akan melihat bagaimana angka-angka ini akan berubah setelah dua perangkat sangat penting memasuki pasar: Samsung Galaxy S III dan iPhone terbaru di musim gugur.

Sumber: Tempo

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: