Awas, Beberapa Virus di Android di sebar via SMS

Amerika Serikat – Malware kembali menyerang perangkat berbasis Android. UpdtBot, demikian namanya, ditemukan NQ Mobile Security Research Center dan diketahui menyebar melalui pesan singkat atau SMS.

Seperti dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (15/4/2012), malware ini menyamar dalam bentuk SMS yang meminta pengguna mengklik link untuk mengupdate sistem di ponsel mereka.

Celakanya, ketika link ini diklik, secara otomatis si pengguna menginstal UpdtBot. Selanjutnya, malware tersebut akan berkomunikasi dengan server jahat yang bisa mengendalikan dan memberi perintah dari jarak jauh.

Nah, aplikasi jahat ini lantas memungkinkan perangkat mengirim SMS, membuat panggilan telepon dan mendownload serta menginstal aplikasi tanpa sepengetahuan pengguna. Terang saja, ini bisa mengakibatkan kantong bolong karena pulsa akan tersedot habis.

NQ Mobile Security Research Center memperkirakan ada 160 ribu perangkat yang terinfeksi UpdtBot. Untuk mencegahnya, pastikan hanya mengunduh aplikasi dari sumber terpercaya. Sebelumnya, cek juga review dan komentar pengguna yang sudah memakainya untuk memastikan aplikasi tersebut aman.

sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: