Android Device Manager, Software Pelacak Ponsel Hilang Sudah di Play Store

Fitur Android Device Manager memang telah diperkenalkan oleh Google sejak Agustus lalu, namun baru versi web-nya saja. Kini, Google merilis aplikasi Android Device Manager ke Play Store, untuk digunakan di ponsel Android.
Aplikasi ini bisa digunakan untuk melacak smartphone Android yang hilang. Kemampuan seperti itu mengingatkan kita pada layanan Find My iPhone dari Apple. Fitur tersebut sudah tersedia di iPhone semenjak 2010.

Aplikasi Android Device Manager di Android memiliki antarmuka seperti versi web. Pengguna bisa melacak perangkat Android di peta, melihat terakhir ada di mana, dan kapan digunakan. Google mengklaim aplikasi ini bisa melacak semua perangkat yang memiliki sebuah akun Google.

Selain melacak lokasi, pengguna bisa mengunci layar, mengganti password PIN, atau bahkan menghapus data. Semua bisa dilakukan dari jarak jauh.

Pengguna sebenarnya juga bisa menggunakan Android Device Manager dengan browser di Android, namun aplikasi yang dirancang khusus ini lebih nyaman digunakan. Antarmukanya bisa menyesuaikan ukuran layar yang dimiliki perangkat.

Terdapat juga dropdown menu untuk berganti akun. Aplikasi juga berjalan lebih cepat dibanding versi web-nya.

Namun, aplikasi tersebut nampaknya kurang sesuai jika digunakan di versi mobile. Menggunakan aplikasi di web akan jauh lebih masuk akal, karena jika kita kehilangan smartphone, maka aplikasi di dalamnya tak bisa digunakan untuk melacak. Kecuali jika pengguna memiliki lebih dari satu smartphone Android atau tablet.

Aplikasi Android Device Manager sudah bisa diunduh di Google Play Store melalui tautan ini.

Sumber: Kompas.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: