Android Dan Kelebihan Penggunaannya Bagi Pelajar

Image courtesy: Wired.com

Image courtesy: Wired.com

Siapa tidak mengenal sistem operasi yang menjadi andalan bagi produsen – produsen smartphone yang selalu sibuk menawarkan gadget pintar dengan fitur dan spesifikasi yang tak jarang membuat kita ingin beralih ke perangkat baru yang memang lebih mutakhir. Smartphone dengan sistem operasi Android memang kerap menawarkan hal yang sangat seducing. Bagaimana tidak, fitur yang ditawarkan oleh kebanyakan perangkat yang ditanami si robot hijau ini kerap disandingkan dengan spesifikasi yang high-end dengan harga yang relatif terjangkau. Menurut merdeka.com dalam artikel tentang Pengguna Android di Indonesia, 34% pengguna Android di tanah air merupakan kalangan usia dari 18-24 tahun, dan 40% berusia 25-34 tahun. Ini membuktikan kepopuleran Android di tanah air merebak di hampir seluruh rentang usia. Hal ini dipengaruhi oleh rentang harga yang ditawarkan sangat variatif, jika kita lihat di salah-satu toko online, Lamido.co.id sebagai pembanding harga, gadget pintar Android ditawarkan mulai dari harga Rp 585.000 yang tentunya sangat terjangkau untuk ukuran gadget smartphone Android sehingga banyak remaja menggilai smartphone dengan sistem operasi ini.

Memang ada sangat banyak kelebihan yang ditawarkan sistem operasi Android jika dibandingkan dengan sistem operasi lain. Contohnya, para pengguna Android bisa dengan leluasa melakukan customize pada perangkatnya sesuai dengan keinginan mereka. Seperti merubah tampilan launcher, tema berbagai aplikasi dan lain lain. Dengan begini para pengguna android tidak merasa cepat bosan dengan perangkat pintarnya. Namun seperti yang disebutkan sebelumnya, harga selalu bisa menentukan kualitas. Masih dari situs yang sama sebagai pembanding harga, lamido marketplace, smartphone dengan spesifikasi high end bisa didapatkan dengan harga Rp 8.500.000.

Kebanyakan produsen menanamkan fitur yang useful yang bisa mempermudah berbagai pekerjaan. Tak sedikit aplikasi 3rd party yang bisa di-download bebas di Google Play menawarkan banyak kegunaan dalam memudahakan pengguna melakukan pekerjaan sehari-hari. Contohnya bagi pelajar. Berikut adalah sedikit dari banyak aplikasi yang bisa memudahakan pelajar dan mahasiswa dalam melakukan tugas-tugasnya.

1. Homework

UntitledSalah satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh pelajar dan mahasiswa ini bisa didownload gratis dari google play. Aplikasi ini memungkinkan anda mencatat jadwal penting bagi setiap mata pelajaran atau mata kuiah lengkap dengan ujian dan event lainnya. Dengan aplikasi ini anda tidak akan lagi melewatkan hal-hal penting karena semua bisa diorganisir dengan baik.

2. Evernote

Untitled1Aplikasi yang sangat cocok untuk mencatat dengan cepat tentang summary hal apa yang terjadi didalam kelas. Kurang cepat dalam mengetik? Rekam suara anda dengan aplikasi ini dan bagikan kepada teman-teman. Aplikasi ini sangat cocok untuk anda yang sengan mencatat segala sesuatu yang sedang terjadi. Evernote bisa ditampilkan di home screen sebagai widget dan anda bisa mengaksesnya dengan cepat.

3. Wikidroid

Untitled2Seorang pelajar tentu tidak akan lepas dengan tugas sekolah atau tugas kuliah yang menumpuk. Tak jarang tugas-tugas tersebut membutuhkan referensi dari berbagai sumber terpercaya. Wikidroid merupakan browser khusus Wikipedia, akses langsung menuju perpustakaan online terbesar, sehingga anda bisa dengan mudah melakukan pencarian referensi dengan cepat.

Ketiga aplikasi tersebut dapat didapatkan secara gratis. Hal ini juga yang mempengaruhi penjualan gadget Android di Indonesia, terutama dikalangan pelajar. Berbagai macam aplikasi yang sangat berguna untuk me-manage kegiatan sehari-hari dapat didapatkan secara cuma-cuma. Sepertinya masa kejayaan sistem operasi ini belum mencapai puncaknya, selama para developer open source 3rd party masih bisa mendapat space di-pasar persaingan aplikasi, sang robot hijau seharusnya bisa terus mengembangkan market-share di Indonesia.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: