Cara Menjalankan Aplikasi Android Lewat Browser Chrome

Android dan Chrome Browser serta Chrome OS adalah produk-produk unggulan dari Google yang kini cukup menyita perhatian pasar. Beberapa bulan yang lalu, Google membuat langkah ambisius yang bercita-cita menggabungkan platform Android dan Chrome Browser. Memang Google belum lagi memberikan kabar lagi tentang bagaimana dan kapan integrasi itu akan hadir di Chrome Browser dan Chrome OS/Chromebook . (Google sudah mengumumkan testing integrasi Android-Chrome OS dengan 3 aplikasi pioner, Vine, Evernote dan Duolingo http://chrome.blogspot.com/2014/09/first-set-of-android-apps-coming-to.html)

Tapi tidak untuk sekarang. Karena ada salah satu developer bernama asal Canada, Vlad Filippov (http://vf.io) yang telah berhasil membuat “rasa lain” dari integrasi yang dilakukan Google itu. Beliau merilis ARChon Android Runtime Extension untuk Chrome Browser.

archon

Ya, Filippov membuat sebuah extension bagi Google Chrome Browser yang bisa menjalankan Aplikasi Android yang telah terlebih dulu disesuaikan!

Berikut adalah langkah-langkah untuk mencoba menjalankan Aplikasi Android lewat Browser Chrome sebagai Extension.

Instalasi runtime ARChon

1. Download ARChon Android Runtime disini:https://github.com/vladikoff/chromeos-apk/blob/master/archon.md. Pilih salah satu versi yang sesuai dengan OS anda.

archon-1

2. Unzip file (ARChon-v1.1-x86_32.zip) yang telah anda Download.
3. Buka Google Chrome browser, atau Chromium.
4. Pilih menu Tools -> Extension, atau pada adress bar browser anda tuliskan: chrome://extensions/ dan tekan tombol Enter.
5. Klik pada tombol Load unpacked extensions untuk menggunakan ekstensi browser yang belum dipaketkan.
6. Browser pada folder hasil ekstrak/unzip file ARChon tadi.
7. Jika sukses, anda mendapati ada satu lagi ekstension yang terpasang pada browser yaitu ARChon Custom Runtime
archon-2

Convert dan Test Aplikasi Android

Untuk dapat menjalankan aplikasi android yang anda punya, aplikasi tersebut harus terlebih dulu di CONVERT ke dalam versi Chrome Extensions. Caranya dengan menggunakan script yang juga dibuat oleh om Filippov. Silakan baca lebih lanjut di https://github.com/vladikoff/chromeos-apk.

Instalasi chromeos-apk sendiri cukup mudah asal anda sudah memiliki npm (runtime dari NodeJS). Bagi anda pengguna Windows silakan install dulu NodeJS. Bagi pengguna Linux (misal Ubuntu) silakan install npm.

Proses instalasinya sederhana:

sudo npm install chromeos-apk -g

sedangkan cara untuk meng-CONVERT aplikasi dalam bentuk APK ke dalam versi Chrome Extensions, gunakan dengan cara:

chromeos-apk Kaskus_2.14.1.apk

Script tersebut akan menghasilkan folder baru sesuai dengan vendor masing-masing aplikasi Android yang di-convert. Contohnya, untuk aplikasi Kaskus, adalah folder: com.kaskus.android.android. Kemudian buka folder tersebut lewat menu Tools -> Extensions -> Load unpacked extensions.

Hasilnya:

archon-3

Klik pada link Launch pada bagian bawah setiap extensions.
archon-4

Dan YEAAAAH! Aplikasi Android akan muncul dan bisa digunain:
archon-5

Tertarik? Silakan coba.

BAGI yang ingin mencoba hasil convert aplikasi Kaskus di atas, silakan download dari: http://code.emka.web.id/apk/com.kaskus.android.android.crx (klik kanan Save As…)

PERHATIAN. Runtime ini bukan merupakan runtime resmi dari Google (silakan tunggu versi resmi dari mereka). Beberapa APLIKASI MUNGKIN TIDAK BERJALAN dengan normal atau tampil aneh/kacau jika dijalankan via Chrome.

2 thoughts on “Cara Menjalankan Aplikasi Android Lewat Browser Chrome”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: