Aplikasi Android untuk Manajemen System Boot

Saya kira, kebanyakan pengguna Android akan mengalami masalah yang serupa dengan saya. Waktu startup yang terlalu lama, atau memori yang selalu hampir penuh walaupun tidak menyalakan aplikasi apapun. Kemungkinan besar, masalah itu karena banyak proses aplikasi-aplikasi yang kita pasang secara sengaja berjalan dibelakang layar.

Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini. Misalnya dengan menggunakan auto task killer yang akan mematikan proses yang telah kita tentukan tiap detik/menit yang kita tentukan. Ada pula yang mematikan atau menguninstall total aplikasi-aplikasi yang berjalan dibelakang layar. Atau trik yang akan kita bahas dalam artikel ini, mengatur aplikasi/proses yang berjalan pada saat sistem android dijalankan/booting.

Beberapa aplikasi ini bisa kita pakai:

1. Startup Auditor

Bisa ditemukan di Google Play disini. Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan, antara lain kemampuan enable-disable sekaligus menambahkan entri autostart baru.

Tersedia versi Free maupun Pro (sekitar 1 dollar)

2. Autostart

Khusus pengguna android yang berani dan sudah lebih ahli. Kemampuan yang ditawarkan tidak hanya melakukan enable-disable proses/aplikasi, tapi sekaligus event-event yang dilakukan android sebagai interaksi antara dunia luar dengan gadget, misalnya, perubahan jaringan, mount atau unmount media, update widget dan lain-lain.

Bisa dipasang via Google Play disini.

Tersedia dalam versi berbayar (sekitar 2 dollar).

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: