Android 13 Keluar: Apa yang Baru, dan Kapan Anda Akan Mendapatkannya

  • Post author:
  • Post category:Android

Android 13 telah dikembangkan selama setahun terakhir sebagai peningkatan besar berikutnya untuk ponsel Android terbaik. Sekarang pembaruan akhirnya mulai diluncurkan untuk ponsel tertentu.

Apa yang Baru di Android 13?

Android 13 bukanlah perombakan desain lain, seperti Android 12 — sebagai gantinya, Google berfokus pada peningkatan kegunaan yang lebih kecil dan peningkatan keamanan. Ada beberapa perubahan desain, seperti pemutar media yang diperbarui di panel pengaturan cepat, dan dukungan untuk ikon bertema yang sesuai dengan warna wallpaper. Namun, pembuat perangkat mungkin mengubah tampilan setiap fitur untuk ponsel mereka. Bilah tugas untuk layar besar yang diperkenalkan di Android 12L juga telah ditingkatkan, dengan peluncur aplikasi bawaan dan fitur lainnya.

Android 13 memiliki banyak perubahan kecil di seluruh sistem operasi, yang semuanya menambah pengalaman yang lebih baik. Anda sekarang dapat mengatur bahasa yang berbeda untuk masing-masing aplikasi, menggunakan Audio Spasial pada perangkat dan headphone yang didukung, menggunakan Audio Bluetooth Low Energy (LE), merekam video HDR di aplikasi kamera pihak ketiga, dan banyak lagi. Dukungan Bluetooth LE Audio sangat penting untuk earbud dan headphone nirkabel di masa mendatang, karena dapat mengurangi pengurasan baterai dan latensi pada audio Bluetooth pada perangkat yang didukung.

Google juga telah memperbarui izin Android lagi. Aplikasi sekarang harus secara eksplisit meminta untuk mengirimi Anda pemberitahuan — seperti di iPhone dan iPad. Anda sudah dapat memblokir notifikasi dari aplikasi di Android, tetapi aplikasi tidak dapat mengirimnya secara default lagi. Google juga memperkenalkan alat pilih foto baru yang dimaksudkan untuk menggantikan izin READ_EXTERNAL_STORAGE yang kurang aman.

Google mengatakan dalam pengumumannya, “Android 13 membantu memastikan perangkat Anda terasa unik — sesuai dengan persyaratan Anda. Muncul penuh sesak dengan kemampuan baru untuk ponsel dan tablet Anda, seperti memperluas tema warna aplikasi ke lebih banyak aplikasi, pengaturan bahasa yang dapat diatur pada tingkat aplikasi, kontrol privasi yang ditingkatkan dan bahkan kemampuan untuk menyalin teks dan media dari satu Android perangkat dan tempel ke perangkat lain hanya dengan satu klik.”

Meskipun Android 13 memiliki banyak perubahan, beberapa di antaranya (terutama pembaruan desain) tidak akan ada di semua perangkat. Google mengizinkan pembuat perangkat untuk menyesuaikan Android, itulah sebabnya menggunakan Google Pixel dan menggunakan ponsel Samsung Galaxy bisa menjadi pengalaman yang sangat berbeda. Android 13 versi Samsung (One UI 5.0) akan menyertakan widget yang dapat ditumpuk, opsi suara baru, lebih banyak pengaturan aksesibilitas, dan tweak lainnya selain perubahan Google.

Kapan Saya Akan Mendapatkan Android 13?

Seperti biasa, ponsel Google Pixel adalah yang pertama menerima Android 13. Android 13 akan hadir di Pixel 4 dan yang lebih baru, termasuk seri anggaran 4a dan yang lebih baru. Pixel 3a dan 3a XL secara resmi telah ditinggalkan, karena mereka menerima pembaruan terakhir awal tahun ini, dan dukungan untuk Pixel 3 dan 3 XL berakhir pada Februari.

Google mengatakan dalam pengumumannya, “akhir tahun ini, Android 13 juga akan luncurkan ke perangkat favorit Anda dari Samsung Galaxy, Asus, HMD (ponsel Nokia), iQOO, Motorola, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, Tecno, Vivo, Xiaomi, dan lainnya. pembaruan Android utama setelah dirilis dari Google. Ada jeda tiga bulan antara rilis Android 12 dan peluncuran global One UI 4.0 (Android 12 versi Samsung). Namun, peluncuran tahun ini bisa lebih cepat jika tidak ada bug di menit-menit terakhir yang ditemukan — One UI 4 beta tahun lalu tidak dirilis hingga September, tetapi One UI 5 beta untuk Android 12 tiba awal bulan ini.

Selain ponsel Pixel milik Google, kami tidak tahu persis ponsel dan tablet mana yang akan menerima Android 13, dan mana yang akan ditinggalkan. Ponsel dan tablet kelas menengah dan unggulan Samsung sekarang mendapatkan setidaknya tiga tahun pembaruan Android utama, mulai dari saat perangkat dirilis, dan model tertentu yang lebih baru mendapatkan pembaruan selama empat tahun.

Sumber: Google

Itulah berita seputar Android 13 Keluar: Apa yang Baru, dan Kapan Anda Akan Mendapatkannya, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.