Apa Itu F-Droid dan Apa Bedanya Dengan Play Store?

Di dunia Android, satu toko aplikasi adalah raja—Google Play Store. Ini adalah tempat “resmi” untuk mengunduh aplikasi dan game. Namun, ada beberapa alternatif. F-Droid adalah salah satu opsi yang paling menarik di luar sana.

Sama seperti mendapatkan aplikasi Windows, Anda bisa mendapatkan aplikasi Android dari berbagai sumber. Bahkan, Anda tidak benar-benar membutuhkan toko aplikasi sama sekali. Play Store membuatnya jauh lebih mudah dan lebih aman untuk menginstal aplikasi. F-Droid bertujuan untuk melakukan hal yang sama, tetapi untuk alasan yang sangat berbeda.

Semua Tentang Itu FOSS

F-Droid adalah gudang untuk aplikasi Android Gratis dan Open Source Software (FOSS). Ini sepenuhnya non-komersial, itulah sebabnya secara teknis ini bukan “toko” aplikasi. Anda dapat menyumbang ke pengembang, tetapi tidak ada aplikasi atau game yang dikenakan biaya apa pun.

Apa yang membuat perangkat lunak sumber terbuka berbeda adalah kodenya tersedia secara bebas untuk digunakan siapa saja. Ini pada dasarnya seperti memecahkan persamaan matematika dan menunjukkan pekerjaan Anda. Semua orang dapat melihat apa yang Anda lakukan dan menggunakannya sendiri.

Penting untuk dicatat bahwa ada perbedaan besar antara aplikasi FOSS dan aplikasi yang gratis. Sebagian besar perangkat lunak sumber terbuka bebas secara moneter, tetapi sebenarnya bukan itu yang dimaksud dengan “gratis” dalam Perangkat Lunak Sumber Terbuka dan Gratis.

Free dalam konteks ini mengacu pada kebebasan. Pengembang FOSS umumnya memperhatikan etika dan moral dalam menggunakan dan mendistribusikan perangkat lunak. Itu sebabnya F-Droid adalah toko aplikasi pilihan pada ROM Android yang berfokus pada privasi seperti GrapheneOS.

Tidak Bergantung pada Google

Perbedaan besar antara F-Droid dan Play Store adalah kurangnya Google. Itu mungkin tampak jelas, tetapi itu lebih dari yang mungkin Anda sadari. Bukan hanya karena Anda tidak harus menggunakan toko aplikasi milik Google, aplikasi dari F-Droid bekerja dengan baik pada perangkat tanpa Layanan Google Play.

Inilah sebabnya F-Droid umumnya merupakan toko aplikasi pilihan pada ROM khusus seperti seperti LineageOS dan GrapheneOS. Mereka tidak datang dengan Layanan Google Play yang sudah diinstal sebelumnya, dan banyak aplikasi mengandalkan GPS untuk berfungsi dengan baik. Jika Anda mencoba untuk memiliki lebih banyak privasi dan pengalaman ponsel cerdas yang ditingkatkan keamanannya, F-Droid memungkinkan Anda melakukannya.

Pada dasarnya, jika Anda ingin menggunakan Android tanpa semua kompromi privasi yang menyertai produk Google, F- Droid adalah toko aplikasi untuk Anda. Meskipun mungkin untuk mengunduh aplikasi FOSS dari seluruh web, F-Droid membuatnya lebih mudah untuk menemukannya.

Menggunakan F-Droid

Menginstal F-Droid seperti melakukan sideloading aplikasi Android lainnya. Buka situs web F-Droid di perangkat Android Anda dan ketuk tombol “Unduh F-Droid” untuk mengunduh APK dan menginstalnya.

Aplikasi F-Droid diatur seperti kebanyakan toko aplikasi lainnya. Ada tab “Terbaru” untuk aplikasi baru, tab “Kategori” untuk menelusuri menurut genre, “Terdekat” memungkinkan Anda mengirim aplikasi ke perangkat terdekat, dan “Pembaruan” menunjukkan aplikasi Anda yang memiliki pembaruan yang tersedia. Ada juga fungsi pencarian.

Anda akan melihat bahwa beberapa aplikasi diberi label dengan “Anti-Fitur.” Ini adalah fitur yang mungkin tidak diterima secara khusus oleh pengguna yang sadar akan privasi. Mereka dapat menyertakan hal-hal seperti iklan, pembelian dalam aplikasi, pelacakan lokasi, kode sumber tidak lagi tersedia, dan banyak lagi.

Untuk menginstal aplikasi, cukup kunjungi halaman aplikasi dan ketuk “Instal.”

Setelah selesai mengunduh, sistem Android akan muncul -up akan meminta Anda untuk mengonfirmasi dengan mengetuk “Instal.”

Itu saja. Pemilihan aplikasi jauh lebih kecil di F-Droid daripada Play Store, sekitar 3.000 dibandingkan dengan sekitar 3 juta, tapi itu sudah diduga. Jika Anda ingin sedikit mengubah hidup Anda dari Google, atau Anda hanya ingin mencoba beberapa aplikasi yang memiliki etika yang lebih baik, F-Droid adalah tempat yang tepat untuk pergi.

Itulah berita seputar Apa Itu F-Droid dan Apa Bedanya Dengan Play Store?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.