Apa Itu “Health Connect by Android”, dan Haruskah Anda Menggunakannya?

  • Post author:
  • Post category:Android

Google”Health Connect” adalah layanan dari Google yang menyinkronkan data antara aplikasi Android kesehatan dan kebugaran yang jika tidak, tidak akan dapat berkomunikasi satu sama lain.

Smartphone dan perangkat yang dapat dikenakan memudahkan siapa saja untuk melacak kesehatan dan kebugaran mereka. Masalahnya adalah ada begitu banyak aplikasi untuk dipilih, dan mereka tidak bekerja bersama. Di situlah “Health Connect by Android” berperan.

Apa itu “Health Connect by Android”?

Health Connect diumumkan di Google IO pada Mei 2022. Mengikuti kolaborasi Google dan Samsung pada Wear OS 3 untuk Galaxy Watch 4, kedua perusahaan bekerja sama untuk bekerja di Health Connect juga.

Ide di balik Health Connect adalah untuk mempermudah sinkronisasi data kesehatan dan kebugaran antara aplikasi Android. Beberapa aplikasi dapat dihubungkan ke Health Connect, dan kemudian mereka dapat berbagi data kesehatan Anda (dengan izin Anda) antara satu sama lain.


Mulai November 2022, Health Connect oleh Android tersedia di Play Store dalam “Akses Awal”. Aplikasi yang didukung termasuk Google Fit, Fitbit, Samsung Health, MyFitnessPal, Leap Fitness, dan Withings. Semua aplikasi Android dapat memanfaatkan API Health Connect.

Berikut adalah beberapa data yang dapat disinkronkan dengan Health Connect:

Aktivitas: Berlari, berjalan, berenang, dll.Ukuran Tubuh: Berat, tinggi, BMI, dll.Pelacakan Siklus: Siklus menstruasi dan tes ovulasi.Nutrisi: Asupan makanan dan air.Tidur: Durasi, waktu terjaga, siklus tidur, dll.Vital: Denyut jantung, glukosa darah, suhu, kadar oksigen darah, dll.

Health Connect dengan jelas menampilkan aplikasi mana yang dapat diakses data pribadi Anda, dan Anda dapat dengan mudah mencabut akses kapan pun Anda mau. Selain itu, data Anda dienkripsi pada perangkat Anda untuk perlindungan ekstra.

Haruskah Anda Menggunakan Health Connect?

Health Connect ditujukan untuk orang-orang yang data kesehatan dan kebugarannya tersebar di beberapa aplikasi. Menyimpan beberapa informasi yang sama pada layanan terpisah bisa sangat menjengkelkan. Katakanlah Anda menggunakan MyFitnessPal untuk mencatat asupan makanan dan air harian Anda, Anda melacak aktivitas dengan Samsung Health di Galaxy Watch 5 Anda, dan Anda memiliki Withings Smart Scale. Dengan Health Connect, aplikasi tersebut dapat berbicara satu sama lain. Jadi sekarang informasi nutrisi Anda tersedia untuk Samsung Health, dan berat badan Anda tersedia untuk MyFitnessPal dan Samsung Health.

Apa yang dilakukan aplikasi dengan informasi ini akan bervariasi, tetapi dapat mengaktifkan beberapa hal yang kuat. Jika Samsung Health bisa mendapatkan pengukuran berat badan harian dari Withings, data tersebut dapat digunakan untuk menghitung lebih akurat berapa banyak kalori yang Anda bakar dalam latihan. Dan jika MyFitnessPal mengetahui berapa banyak kalori yang Anda bakar, itu bisa lebih akurat menyarankan berapa banyak kalori yang harus Anda makan.

Singkatnya, jika Anda menggunakan beberapa aplikasi kebugaran di ponsel Android dan pelacak kebugaran Anda, mungkin ada baiknya memberikan Health Connect a mencoba. Anda sudah memiliki banyak data kesehatan di luar sana, jadi mengapa tidak membiarkannya bekerja bersama?

Disadur dari HowToGeek.com.