Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Bluetooth di Android

Jika Anda perlu menghubungkan periferal nirkabel jarak pendek ke perangkat Android Anda, Bluetooth telah membantu Anda. Selain itu, Anda mungkin perlu mematikan Bluetooth sewaktu-waktu. Berikut cara melakukan keduanya di Android.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Android

Cara tercepat untuk mengaktifkan Bluetooth di perangkat Android adalah dengan menggunakan menu tarik-turun Setelan Cepat, yang dapat Anda buka dengan menggeser ke bawah dari bilah menu dua kali.

Sekali Muncul menu Quick Setting, tap tombol “Bluetooth” sampai highlit. Ini akan mengatakan “Bluetooth Aktif” ketika Bluetooth diaktifkan.

Bluetooth sekarang aktif dan siap untuk koneksi. Untuk memasangkan perangkat, buka Pengaturan dan navigasikan ke Pengaturan > Perangkat Terhubung. Itu saja!

Anda juga dapat mengaktifkan Bluetooth di aplikasi Pengaturan. Untuk melakukannya, buka Pengaturan dan navigasikan ke Perangkat Terhubung > Preferensi Koneksi > Bluetooth dan balikkan sakelar di samping “Gunakan Bluetooth” ke posisi aktif.

Setelah itu, Anda dapat kembali ke dua level menu dan memasangkan perangkat dengan perangkat Android Anda atau cukup keluar Settings.

Cara Mematikan Bluetooth di Android

Menonaktifkan Bluetooth di Android semudah mengaktifkannya. Pertama, buka menu Pengaturan Cepat dengan menggesek ke bawah dari atas layar perangkat Anda dua kali. Di menu yang muncul, ketuk tombol “Bluetooth” hingga tidak lagi menyala.

Ketika Bluetooth dinonaktifkan, teks di dalam tombol akan bertuliskan “Bluetooth Off.”

Menonaktifkan Bluetooth dari aplikasi Pengaturan juga mudah, tetapi perlu beberapa ketukan lagi. Untuk melakukannya, buka Pengaturan dan arahkan ke Perangkat Terhubung > Preferensi Koneksi > Bluetooth dan matikan sakelar di samping “Gunakan Bluetooth.”

Setelah selesai, keluar dari Pengaturan, dan Anda siap untuk pergi. Kapan saja, Anda dapat dengan cepat mengaktifkan kembali Bluetooth menggunakan menu Pengaturan Cepat. Good luck!

Itulah berita seputar Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Bluetooth di Android, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.