Cara Mengatur Aplikasi Default di Android

Ketika Anda memiliki beberapa aplikasi yang melakukan hal yang sama, Android akan menanyakan aplikasi mana yang Anda inginkan sebagai “default”. Ini adalah salah satu fitur terbaik Android dan Anda harus memanfaatkannya. Kami akan menunjukkan caranya.

Ada sejumlah kategori aplikasi default yang berbeda. Anda dapat menyetel browser web default, mesin telusur, aplikasi telepon, aplikasi perpesanan, peluncur layar beranda, dan banyak lagi. Ketika terjadi sesuatu yang membutuhkan salah satu aplikasi ini, aplikasi yang Anda pilih sebagai “default” akan digunakan.

Kabar baiknya adalah proses ini pada dasarnya sama di setiap perangkat Android. Pertama, geser ke bawah sekali atau dua kali dari atas layar—bergantung pada ponsel Anda—untuk membuka bayangan notifikasi dan ketuk ikon roda gigi.

  • Selanjutnya, buka “Aplikasi.”
  • Pilih “Aplikasi Default” atau “Pilih Aplikasi Default.”
  • Berikut adalah semua kategori aplikasi default yang berbeda. Ketuk satu untuk melihat opsi.
  • Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang telah Anda instal yang dapat disetel sebagai default. Cukup pilih yang ingin Anda gunakan.

 

Itu saja! Anda dapat melalui dan melakukan ini untuk semua kategori yang berbeda.

Setiap kali Anda menginstal aplikasi baru yang dapat ditetapkan sebagai default-seperti peluncur layar beranda atau browser web-ini akan secara efektif mengatur ulang preferensi default Anda untuk kategori itu, memungkinkan Anda untuk setel aplikasi yang baru diinstal sebagai default tanpa harus melalui banyak kerumitan. Jika Anda ingin mengubahnya kembali, ikuti saja petunjuk ini lagi.

Itulah berita seputar Cara Mengatur Aplikasi Default di Android, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.