Cara Menggunakan “Mode Penguncian” di Android

Setiap perangkat Android memiliki layar kunci dengan semacam keamanan. Sebagian besar waktu, itu sudah cukup— tetapi bagaimana jika Anda menginginkan sedikit keamanan ekstra? Di situlah fitur “Lockdown” masuk.

Apa Itu “Lockdown” di Android?

Ada beberapa metode keamanan yang dapat Anda gunakan untuk mencegah seseorang masuk ke ponsel Android Anda. Namun, tidak semua metode ini aman seperti yang lain.

Misalnya, membuka kunci wajah di banyak perangkat Android ternyata mudah dibodohi. Anda mungkin juga memiliki beberapa perangkat Bluetooth yang membuka kunci telepon. Metode membuka kunci Android yang paling aman adalah PIN, pola, dan kata sandi.

Ketika Anda memasukkan ponsel ke “Lockdown”, itu menonaktifkan semua metode buka kunci yang kurang aman. Pemindai sidik jari, buka kunci wajah, dan Smart Lock sepenuhnya dinonaktifkan. Hanya PIN, pola, dan sandi yang dapat digunakan.

Ini berguna dalam situasi di mana Anda perlu mengamankan perangkat dengan cepat. Dengan satu ketukan, pada dasarnya Anda dapat menambahkan lapisan keamanan ekstra.

Cara Mengaktifkan Mode Lockdown di Android

Fitur Lockdown tersedia di perangkat Android dengan versi 9 dan lebih tinggi. Di perangkat Google Pixel, tombol ini tersedia di menu daya secara default. Pemilik Samsung Galaxy harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Geser ke bawah dari atas layar untuk membuka ubin Setelan Cepat. Ketuk ikon roda gigi untuk membuka Pengaturan.

Selanjutnya, buka “Layar Kunci”.

Sekarang buka “Pengaturan Kunci Aman”.

Setelah memasukkan metode penguncian, Anda akan melihat beberapa tombol mati. Aktifkan yang berjudul “Tampilkan Opsi Penguncian.”

Itu saja. Opsi Lockdown sekarang akan tersedia di menu power.

Cara Menggunakan Lockdown di Android

Untuk menggunakan Lockdown, cukup buka menu power di ponsel Anda. Ini biasanya dilakukan dengan menekan dan menahan tombol daya—meskipun Anda mungkin perlu mengubahnya di perangkat Samsung Galaxy.

Ketuk tombol “Kunci” di menu.

Ponsel akan langsung mengunci dan hanya PIN, pola, dan sandi Anda dapat digunakan untuk membukanya. Itu saja. Lockdown hanyalah cara cepat untuk mengunci ponsel Anda dan mengetahui dengan pasti bahwa hanya beberapa metode tertentu yang akan membukanya. Terkadang diperlukan sedikit keamanan ekstra.

Itulah berita seputar Cara Menggunakan “Mode Penguncian” di Android, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.