Cara Menonaktifkan Pelacakan Lokasi di Android

Ponsel Android Anda memiliki banyak sensor yang melakukan banyak hal berbeda. Jika Anda khawatir tentang privasi, pelacakan lokasi adalah salah satu yang mungkin Anda khawatirkan. Untungnya, Android memudahkan untuk menonaktifkan GPS dan layanan lokasi lainnya dengan satu ketukan.

Ada beberapa cara berbeda untuk mematikan sensor di Android. Bahkan dimungkinkan untuk mematikan semua sensor sekaligus. Pada skala yang lebih kecil, Anda dapat menonaktifkan mikrofon atau kamera. Kami akan menggunakan pendekatan serupa untuk akses lokasi.

 Matikan “Lokasi” pada perangkat Samsung dan Pixel.

Ada dua metode yang dapat Anda gunakan untuk mematikan akses perangkat Anda ke lokasi Anda. Metode tercepat adalah dengan menggunakan panel “Pengaturan Cepat” yang bernama tepat. Ini adalah panel pengalih yang Anda lihat saat memperluas pull-down notifikasi sepenuhnya.

Toggle “Lokasi” mungkin sudah ada di panel Pengaturan Cepat Anda. Cukup ketuk untuk mengaktifkan atau menonaktifkan akses lokasi. Jika Anda tidak melihat sakelar, Anda dapat dengan mudah mengedit Pengaturan Cepat dan mengatur ulang semuanya sesuai keinginan Anda. Pertama, geser ke bawah sekali atau dua kali dari atas layar—bergantung pada ponsel Anda—untuk membuka notifikasi dan ketuk ikon roda gigi.

Selanjutnya, gulir ke bawah ke “Lokasi.”

Nonaktifkan “Gunakan Lokasi” di bagian atas layar .

Itu saja. Kembali ke pengaturan Lokasi untuk menyalakannya lagi. Menonaktifkan ini akan mencegah aplikasi melihat lokasi Anda. Anda tidak akan sepenuhnya tidak terlihat karena WiFi dan jaringan seluler juga dapat digunakan untuk melacak lokasi Anda. Jika mematikan lokasi Anda tidak cukup, Anda dapat mencoba memalsukan lokasi Anda.

Itulah berita seputar Cara Menonaktifkan Pelacakan Lokasi di Android, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.