Download Aplikasi Android Kalahkan iPhone

Jakarta – Sistem operasi Android sukses menjadi platform software terpopuler dalam hal pengunduhan aplikasi. Ia terbukti menundukkan iOS, OS besutan Apple Inc.

Platform keluaran Google ini mencaplok kue sebesar 44% dari semua download aplikasi dalam kuartal kedua ini. Apple sendiri berada di bawah Android dengan meraihmarket share sebesar 31%, demikian menurut ABI Research, Selasa (25/10/2011).

“Kunci kesuksesan Android terletak pada strategi open source-nya,” ujar Lim Shiyang, salah seorang peneliti. Dengan ‘keterbukaan’ ini, Google memungkinkan setiap pembuat ponsel untuk memakainya secara gratis dan berfokus pada pendesainan hardware alih-alih software.

Peningkatan pengapalan piranti Android juga turut berperan. Di kuartal kedua tahun 2011, pengapalan iPhone menunjukkan penurunan dari 15% menjadi 9%. Di lain pihak, pengapalan Android mencapai 36% di kuartal kedua, meningkat dari kuartal pertama yakni 20%.

Dukungan para vendor turut mempopulerkan Android. Samsung Electronics Co misalnya, kini menjadi salah satu pembuat smartphone terunggul dengan Android. Tak hanya itu, Android juga mampu membantu pemulihan Motorola Mobility Holdings Inc.

Sumber: detikINET

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: