Pencarian iPhone 4S Naik 17.365 Persen

JAKARTA – Ketika penggemar Steve Jobs di seluruh dunia mendedikasikan 14 Oktober sebagai Hari Steve Jobs, menjadi bukti bahwa warisan yang ditinggalkan pendiri Apple dalam dunia teknologi tak tergantikan. Yahoo! Search Trends melihat ada sentimen masyarakat Indonesia untuk mengungkapkan apa yang masyarakat Indonesia dan Asia Tenggara cari, seputar Steve Jobs dan gadget-nya.

Antusiasme dan rumor seputar peluncuran iPhone 4S ditunjukkan dengan banyaknya pencarian yang dilakukan. Pencarian-pencarian melalui Yahoo! ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia ingin mengetahui berita tentang meninggalnya Steve Jobs dan spesifikasi dari iPhone 4S dari Apple yang terpantau meningkat 17.365% pada hari peluncuran.

Di antara banyak hal yang menarik minat orang Indonesia adalah harga aktual iPhone 4S (di seluruh dunia dan juga di Indonesia). Menariknya, pencarian-pencarian Yahoo! menunjukkan bahwa pengguna ingin tahu, apakah peluncuran iPhone 4S berdampak pada menurunnya harga iPhone 3G dan mereka juga tertarik pada berita seputar konfirmasi peluncuran iPhone 5, yang terpantau mengalami lonjakan lebih dari 2.000%.

Setelah kematian Steve Jobs diumumkan, Yahoo! Search Trends mencatat lonjakan sebesar 15.000% untuk pencarian kata kunci “Steve Jobs”. Masyarakat Indonesia ingin mengetahui tentang halaman resmi untuk dapat berpartisipasi dalam memberikan pesan belasungkawa, biografi, informasi tentang kesehatan Steve Jobs dan informasi tentang keluarga terkait.

Co-founder Yahoo!, Jerry Yang, juga menyatakan belasungkawa atas meninggalnya Steve Jobs, dengan mengatakan “Saya dan semua orang di dunia ini akan sangat merindukannya. Yang menyatakan bahwa Steve Jobs merupakan idolanya ketika ia tumbuh dewasa,” katanya dalam siaran pers-nya, Jumat (14/10/2011).

Sebelumnya, pada Juni 2011, data dari Yahoo! Searches mengungkapkan bahwa iPhone 5, diikuti oleh iPhone 4, merupakan salah satu pencarian tentang peranti bergerak teratas. Tiga bulan kemudian, Yahoo! Searches mengamati kecenderungan serupa dan terjadinya lonjakan jumlah pencarian karena peluncuran iPhone 4S yang sudah lama ditunggu-tunggu dan kematian Steve Jobs.

Sementara itu di Malaysia, pencarian tentang iPhone 4, rumor peluncuran iPhone 5, pertanyaan seputar harga iPhone, terpantau melonjak hampir 12.000% dan pencarian-pencarian tersebut sangatlah populer. Pencarian Yahoo! untuk nama ‘Steve Jobs’ melonjak sebanyak 10.000% dan juga ada peningkatan dalam pencarian yang berhubungan dengan ‘biografi’ Steve Jobs, yang mungkin terjadi karena keinginan untuk mengetahui kontribusinya terhadap inovasi dan teknologi. Pencarian seputar ‘penyebab kematian’ dan ‘foto keluarga’  menunjukkan keprihatinan yang mendalam dalam pencarian di Yahoo! Malaysia.

Di Filipina, selain pencarian seputar harga, para pengguna mencari informasi lebih lanjut tentang peluncuran iPhone 5, meskipun hanya iPhone 4S yang telah diumumkan. Masyarakat Filipina penasaran tentang tanggal penjualan, perbedaan antara iPhone 4 dan iPhone 4S, fitur pengenalan suara dan juga tentang CEO Tim Cook.

Di Vietnam, terpantau kenaikan maksimum (hampir 100.000%) dalam pencarian kata kunci ‘Steve Jobs’. Di Singapura, di jaringan sosial, banyak fans Apple mengubah gambar profil mereka menjadi foto Steve Jobs sebagai bentuk apresiasi. Ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa terjadi lonjakan dalam pencarian foto Steve Jobs. Kecenderungan serupa yang terjadi di Vietnam dan di Singapura di mana pencarian untuk ‘Stanford speech’ pada 2005, khususnya seputar ‘stay hungry, stay foolish’ mengalami lonjakan sekitar 4.000%.

Di semua negara, pencarian untuk iPhone 4 yang melonjak pada 5 Oktober, langsung tergantikan oleh pencarian seputar kematian Steve Jobs. Banyak yang penasaran untuk mencari tahu tentang kehidupan pribadi Steve Jobs–tentang keluarganya, foto keluarga, Steve Jobs di masa muda dan bahkan agama yang dianut olehnya.

Sumber: TribunNews

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: