6 Orang Kesasar ke Padang Gersang Gara-gara iOS Map

Victoria – Niatnya ingin sampai di tempat tujuan lebih mudah dengan bantuan iOS Map, ujungnya malah tersasar di alam liar Australia. Tidak hanya satu-dua orang. Peristiwa ini dialami setidaknya enam orang pengendara motor di wilayah Victoria, Australia, dalam beberapa pekan terakhir.

Dikutip dari situs teknologi The Verge, Senin, 10 Desember 2012, beberapa pengendara motor tersesat tanpa makanan dan minuman selama 24 jam, dalam wilayah gersang yang suhu udaranya dapat mencapai 46 derajat Celsius. Korban lainnya terpaksa berjalan kaki menembus daerah berbahaya demi mencari sinyal untuk meminta pertolongan. Beruntung kemudian mereka berhasil diselamatkan Kepolisian Victoria.

Masalah serius ini terjadi karena ketidakakuratan iOS Map. Dalam peta, kawasan Mildura diletakkan di tengah-tengah Taman Nasional Murray Sunset, 70 kilometer dari lokasi sebenarnya.

Kepolisian Victoria ini tidak tinggal diam dan mengeluarkan peringatan pada masyarakat atas masalah serius yang membahayakan jiwa ini.

“Siapa pun yang akan bepergian ke daerah Mildura atau wilayah apa pun dalam Victoria, sebaiknya mengandalkan peta lain selama problem ini belum diperbaiki,”  ujar juru bicara Kepolisian Victoria dalam pernyataan tertulisnya.

Sebelumnya, peta buatan Apple yang ditanamkan pada sistem operasi iOS 6 memang kerap dikeluhkan mengenai akurasinya, meskipun sebelumnya belum muncul masalah serius seperti yang terjadi di Australia ini.

CEO Apple Tim Cook juga sempat mengeluarkan pernyataan maaf pada pengguna Apple atas ketidakakuratan peta yang menggantikan keberadaan Google Map ini. Ia juga meminta agar pengguna memakai peta lain seperti Bing, MapQuest, Waze, Google Map atau Nokia sementara Apple memperbaiki layanan petanya. Sumber: Tempo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: