Apple Menangkan Standar Penggunaan SIM Card Nano

Amerika Serikat – Apple akhirnya memenangkan ‘pertarungan’ memperjuangkan standar desain SIM card nano. Desain ini, diklaim akan memberikan lebih banyak ruang bagi komponen lain dalam desain ponsel masa depan.

Smart Card Platform Technical Committee di European Telecommunication Standards Institute (ETSI) telah menyetujui desain yang dibuat Apple, setelah sebelumnya diuji dan dibandingkan dengan desain yang diajukan Nokia, Research In Motion (RIM) dan Motorola Mobility.

SIM card nano akan berukuran 40 persen lebih kecil dibandingkan SIM card mikro yakni 12,3 mm x 8,8 mm x 0,67 mm. “Desain SIM card ini memiliki fungsi yang sama dengan SIM card yang ada sekarang,” kata ETSI. 

Namun seperti dilansir Tech World Minggu (3/6/2012), ETSI tidak memberikan informasi lebih detail mengenai proses voting dalam pemenangan desain SIM card tersebut.

Sebelumnya, saat masih dalam proses memperjuangkan desain SIM card nano miliknya, Apple sudah percaya diri mengumumkan akan menggratiskan patendesain tersebut bagi siapa saja, jika proposalnya diterima sebagai standar di industri teknologi.

SIM card nano, memiliki ukuran lebih kecil dari SIM card mikro. Dengan menggunakan desain ini, perangkat bisa menjadi lebih kecil dan ramping. Sumber: detikINET

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: