Apple Raih Paten untuk Layar Fleksibel

emka.web.id — Seolah tak ingin ketinggalan dari Samsung, Apple dilaporkan telah memperoleh paten untuk teknologi kaca layar yang bisa dibengkokkan.

Hak atas paten bernomor 8,336,334 tersebut dikeluarkan oleh Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat 25 Desember lalu.

Berdasarkan penjelasan yang tercantum, teknologi Apple tersebut melibatkan metode membengkokkan kaca menggunakan panas. Kaca pun bisa dibentuk melengkung.

Menurut Apple, cara yang diterangkan dalam paten ini bisa membengkokkan kaca tanpa membuatnya menjadi renggang atau retak. Apple juga memfokuskan paten tersebut pada metode, sistem, dan peralatan yang diperlukan untuk pengolahan dengan suhu tinggi ini.


US Patent and Trademark Office
<

Hasil akhirnya kemudian bisa diaplikasikan ke “perangkat elektronik berukuran kecil”, termasuk ponsel dan perangkat input. Boleh jadi, Apple berniat memasang kaca bengkok ini pada produk mouse atau touchpad, atau bahkan iPhone.

Apple bukan satu-satunya produsen gadget yang tertarik membuat “kaca bengkok” untuk perangkatnya. Samsung, saingan berat perusahaan berlambang buah ini, telah lebih dahulu diketahui berminat membikin layar fleksibel yang bisa dibengkokkan.

Rencananya layar buatan Samsung tersebut akan diperkenalkan pada perhelatan Consumer Electronic Show awal Januari mendatang. Produsen lain yang diketahui turut mengembangkan layar fleksibel adalah Nokia.

Sumber: KOMPAS Tekno

%d bloggers like this: