8 Tips AirPods Sering Terputus?

  • Post author:
  • Post category:Apple

Untuk memperbaiki AirPods yang terus terputus, isi daya hingga penuh, lalu sambungkan kembali. Anda juga dapat menonaktifkan pengalihan otomatis dan deteksi telinga di bawah pengaturan Bluetooth perangkat Anda. Selain itu, coba mulai ulang dan perbarui iPhone, iPad, atau Mac Anda. Jika perbaikan ini gagal, lepaskan dan pasangkan kembali AirPods Anda.

Apakah AirPods Anda terus terputus dari iPhone, iPad, atau Mac Anda? Jika demikian, ada beberapa perbaikan sederhana yang dapat Anda coba seperti mengisi daya AirPods hingga baterai penuh atau mengubah beberapa pengaturan. Kami akan menunjukkan cara menghubungkan AirPods Anda kembali.

Mengapa AirPods Saya Tetap Terputus?

AirPods bergantung sepenuhnya pada Bluetooth untuk membuat koneksi sempurna ke iPhone, iPad, Mac, atau perangkat Bluetooth lain yang kebetulan Anda pasangkan. Dan meskipun konektivitas nirkabel telah berkembang jauh, itu tidak sempurna.

Berbagai masalah dapat terjadi selama proses pemasangan. Misalnya, jika Anda menggunakan iPhone dan Mac secara bersamaan, proses pemasangan bisa menjadi sedikit rumit. Selain memasangkan, masalah lain dapat menyebabkan AirPods Anda terputus, seperti baterai lemah atau bug perangkat lunak.

Mari kita lihat beberapa hal yang dapat Anda coba agar AirPods berfungsi kembali dengan baik jika tidak tetap tersambung ke perangkat Apple Anda yang lain untuk sangat panjang. Perbaikan ini juga dapat berfungsi jika salah satu AirPod terus terputus.

Cara Menghubungkan Kembali AirPod Anda di Pusat Kontrol

Jika AirPod Anda terus terputus dari iPhone atau perangkat Apple lainnya seperti iPad atau Mac, menyambungkannya kembali relatif mudah.

Di iPhone atau iPad, geser turun dari sudut kanan atas layar Anda untuk membuka Pusat Kontrol, lalu ketuk ikon audio nirkabel di kotak Now Playing (terlihat seperti segitiga dengan beberapa lingkaran di belakangnya).

Anda akan melihat daftar perangkat audio nirkabel yang tersedia , termasuk speaker Bluetooth, lokasi AirPlay, dan AirPods Anda (jika yang Anda lihat hanyalah layar Now Playing, ketuk ikon audio nirkabel di sebelah kontrol pemutaran).

Dari sini, ketuk AirPods Anda untuk mengarahkan audio ke sana.

Jika Anda menggunakan Mac, klik Pusat Kontrol di bagian atas layar Anda, lalu ikon audio nirkabel. Anda kemudian dapat memilih AirPods Anda dari daftar opsi.

Atau, Anda dapat mengklik ikon Speaker dan memilih AirPods Anda di bawah Output.

Jika AirPods Anda tidak muncul, coba keluarkan dari telinga Anda dan masukkan kembali ke dalam casing. Pasang kembali AirPods ke telinga Anda dan coba lagi.

Ini adalah “perbaikan” sementara untuk merutekan audio ke AirPods Anda (selama terdeteksi, dalam jangkauan, dan memiliki daya), tetapi tidak banyak membantu untuk mengatasi alasannya terputus sejak awal.

Isi Daya AirPods

Jika AirPods Anda tiba-tiba terputus dan tidak muncul kembali, dayanya mungkin habis. Kami telah melihat masalah dengan AirPods asli dan AirPods Pro, di mana persentase baterai yang sehat dilaporkan satu menit hanya untuk turun menjadi 0% pada menit berikutnya, kemungkinan karena kesalahan dengan cara pengisian daya yang tersisa dilaporkan.

Menempatkan AirPods Anda ke casing pengisi daya dan membiarkannya tetap terbuka akan menunjukkan ringkasan total sisa baterai Anda. Jika baterai Anda hampir habis, biarkan AirPods terisi penuh, lalu coba sambungkan untuk melihat apakah itu memperbaiki masalah Anda.

Masa pakai baterai yang buruk adalah masalah bagi AirPods yang mulai menunjukkan usianya. Pada akhirnya, AirPods Anda akan kehilangan persentase yang signifikan dari total pengisian dayanya dan memerlukan pengisian daya yang lebih sering.

Apple menjalankan program layanan baterai untuk AirPods dengan biaya sekitar harga yang sama dengan mengganti earbud itu sendiri. Ini bisa dibilang salah satu masalah terbesar dengan earbud nirkabel Apple.

Jika AirPods Anda terus terputus dengan baterai penuh, Anda dapat mencoba perbaikan tambahan di bawah ini.

Nonaktifkan Peralihan Otomatis Antar Perangkat

Apple mengiklankan bahwa AirPods akan secara otomatis beralih antar perangkat berdasarkan apa yang Anda gunakan saat ini menggunakan. Meskipun perilaku ini seharusnya cerdas, itu tidak selalu bekerja dengan cara yang Anda harapkan.

Jika Anda menggunakan iPhone dan Mac secara bersamaan, misalnya, AirPods Anda mungkin terputus secara acak dari satu perangkat dan terhubung ke yang lain. Untungnya, Anda dapat menonaktifkan perilaku ini per perangkat.

Ini berarti Anda tidak harus menonaktifkannya sepenuhnya untuk semua perangkat, tetapi Anda dapat mengecualikan perangkat (misalnya, beralih antara iPhone dan Mac, tetapi tidak iPad).

Di iPhone atau iPad, buka Pengaturan > Bluetooth dan ketuk tombol “i” di sebelah AirPods Anda. Di bawah “Connect to this iPhone/iPad,” pilih “When Last Connected to This iPhone” untuk menonaktifkan peralihan otomatis.

Pada Mac, Anda akan menemukan opsi yang sama di bawah Pengaturan Sistem > Bluetooth dengan mengeklik “i” di sebelah AirPods Anda dan ubah “Secara Otomatis” menjadi “Saat terakhir terhubung ke Mac ini”.

Nonaktifkan Deteksi Telinga Otomatis

Deteksi Telinga Otomatis adalah fitur AirPods cerdas lainnya yang dapat membantu menghemat masa pakai baterai, terutama jika Anda cenderung meninggalkan AirPods di luar casingnya. Fitur ini menggunakan sensor pada AirPods sendiri untuk mendeteksi saat sensor tersebut berada di telinga Anda dan kemudian menggunakan informasi ini untuk melakukan hal-hal seperti menghidupkan atau mematikan AirPods.

Masalah dengan sensor dapat menyebabkan AirPods Anda terputus. Namun, Anda dapat menonaktifkan deteksi telinga otomatis di bawah pengaturan AirPods Anda.

Di iPhone atau iPad Anda, buka Pengaturan> Bluetooth dan ketuk tombol “i” di sebelah AirPods Anda, lalu nonaktifkan sakelar “Deteksi Telinga Otomatis”.

Anda akan temukan opsi yang sama di Mac di bawah Pengaturan Sistem > Bluetooth > Pengaturan AirPods dengan mengeklik tombol “i” di sebelah AirPods Anda.

Deteksi Telinga Otomatis adalah pengaturan AirPods, jadi menonaktifkannya sekali akan menonaktifkannya di mana saja.

Mulai Ulang iPhone, iPad, atau Mac

Memulai ulang iPhone, iPad, atau Mac Anda dapat memperbaiki segala macam masalah, jadi patut dicoba jika Anda tidak dapat membuat AirPods mempertahankan koneksi (atau terhubung sama sekali).

Ada berbagai petunjuk tentang cara memulai ulang iPhone tergantung pada model yang Anda miliki, tetapi cara termudah adalah dengan meminta Siri untuk “me-restart iPhone saya” dan kemudian mengkonfirmasi permintaan.

Atau, Anda dapat menggunakan kombinasi penekanan tombol untuk mematikan i Anda. Telepon lalu hidupkan kembali. Hal yang sama berlaku untuk iPad dan Mac.

Update iPhone, iPad, atau Mac

Anda Terkadang, Apple merilis pembaruan yang menyertakan perbaikan untuk berbagai masalah konektivitas. Jadi, pastikan perangkat Anda diperbarui ke versi terbaru iOS, iPadOS, atau macOS.

Pada iPhone atau iPad, buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Jika pembaruan tersedia, Anda akan melihatnya tercantum dan memiliki opsi untuk “Unduh dan Instal” atau “Instal Sekarang.”

Di Mac Anda, buka Pengaturan Sistem > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Jika pembaruan tersedia, Anda akan melihatnya tercantum di sini.

Selain itu, Anda dapat mencoba memicu pembaruan firmware AirPods secara manual.

Pasangkan AirPods Anda Lagi

Mungkin ada baiknya mencoba memasangkan AirPods lagi jika semuanya tidak berfungsi dengan benar, terutama jika Anda tidak dapat terhubung sama sekali.

Untuk melakukan ini di iPhone atau iPad Anda, pertama-tama “Lupakan” AirPods Anda di bawah Pengaturan > Bluetooth dengan mengetuk tombol “i” di sebelah AirPods Anda, lalu gunakan opsi “Lupakan Perangkat Ini” di bagian bawah .

Sekarang, sambungkan kembali AirPods Anda dengan meletakkannya di dalam casing dan menahannya di sebelah iPhone atau iPad Anda.

Di Mac Anda, buka Pengaturan Sistem > Bluetooth. Klik “i” di sebelah AirPods Anda dan pilih “Lupakan Perangkat Ini.”

Untuk memasangkan AirPods Anda, letakkan di wadah pengisi daya dan buka tutupnya. Buka Pengaturan Sistem > Bluetooth. Kemudian, tekan dan tahan tombol pengaturan di bagian belakang kasing. Pilih AirPods Anda dari daftar Perangkat Saya dan klik “Hubungkan”. Perangkat lain apa pun yang menggunakan ID Apple yang sama (Mac, iPad, Apple Watch, Apple TV, dan sebagainya) akan dipasangkan secara otomatis, jadi Anda hanya perlu melakukannya sekali.

Hubungi Apple untuk Bantuan Lebih Lanjut

Jika AirPods Anda terus terputus dari iPhone, iPad, atau Mac, ada kemungkinan rusak atau cacat produksi.

Jika demikian, biasanya yang terbaik adalah mengganti AirPods Anda (baik dengan klaim garansi AirPods atau dengan membeli pasangan baru).

Anda dapat melihat status garansi Anda di bawah Pengaturan > Bluetooth dengan mengetuk tombol “i” di sebelah AirPods Anda. Meskipun garansi Anda telah kedaluwarsa, mungkin ada baiknya membawa AirPods Anda ke Apple Store untuk melihat apakah mereka dapat membantu Anda mendiagnosis masalahnya. Buka Dukungan Apple untuk memulai proses.

Tips Pemecahan Masalah Lebih Lanjut

Hanya ada begitu banyak perbaikan untuk dicoba ketika AirPods Anda terus terputus dari iPhone atau perangkat Apple lainnya. Masalah tambahan yang mungkin Anda alami termasuk AirPods yang tidak beralih secara otomatis antar perangkat, perilaku yang tidak diinginkan seperti pemberitahuan dibacakan dengan keras, atau satu AirPod yang menolak untuk bekerja sama sekali. Untungnya, panduan ini dapat membantu Anda memecahkan masalah.

Disadur dari HowToGeek.com.