Apa itu Biner Universal di Mac?

  • Post author:
  • Post category:Apple

Untuk memudahkan transisi ke Apple Silicon Mac, Apple mengizinkan pengembang untuk membuat Universal Binary, yang merupakan file aplikasi yang dapat berjalan di Intel lama dan Apple Silicon Mac modern. Kami akan menjelaskan apa itu dan bagaimana cara kerjanya.

Ini adalah Aplikasi yang Berjalan di Intel dan Apple Silicon Macs

Pada tahun 2020, Apple memperkenalkan jenis Mac baru yang berjalan di Apple Silicon (dengan chip M1 dan M2), yang mewakili perbedaan jenis arsitektur komputer dari Intel Mac yang datang sebelumnya. Ini berarti Apple Silicon Mac tidak dapat menjalankan program yang ditulis untuk Intel Mac tanpa bantuan.

Apple menciptakan dua solusi untuk menjembatani kompatibilitas antara Mac berbasis Intel lama dan Mac berbasis Silicon Apple yang lebih baru, yang dimulai dengan chip M1. Yang pertama adalah Rosetta 2, yang merupakan lapisan terjemahan yang memungkinkan aplikasi Intel berjalan dengan kecepatan hampir asli di Apple Silicon Macs. Yang kedua adalah Biner Universal. Universal Binaries adalah aplikasi yang telah dikompilasi untuk bekerja dengan prosesor Intel dan ARM. Ini berarti Anda dapat menjalankan file aplikasi yang sama di Apple Silicon Mac dan Intel Mac.

Catatan: Universal Binaries bukanlah hal baru di Apple Silicon Mac: Apple juga menggunakan merek yang sama selama transisi antara PowerPC dan Intel Mac pada tahun 2006 Dan tradisi industri komputer dalam mengemas biner untuk dua arsitektur ke dalam satu file (disebut “biner gemuk”) jauh lebih jauh dari itu.

Universal Binaries berjalan secara native di Apple Silicon Mac dengan chip seri-M Apple, yang berarti mereka berjalan lebih cepat dan lebih efisien daripada aplikasi khusus Intel yang harus dijalankan melalui Rosetta 2. Jika kita menggunakan transisi arsitektur Apple sebelumnya antara PowerPC dan Intel sebagai contoh, selama beberapa tahun pertama transisi, kemungkinan banyak aplikasi akan bersifat Universal. Namun seiring dengan berkembangnya adopsi Apple Silicon dari waktu ke waktu, pada akhirnya pengembang kemungkinan akan beralih untuk memproduksi aplikasi Apple Silicon-native saja.

Keuntungan untuk Pengembang

Untuk pengembang perangkat lunak, Universal Binaries menawarkan keuntungan besar: Mereka dapat merilis satu file .APP yang dapat digunakan di kedua jenis Mac. Ini berarti bahwa tidak perlu mendistribusikan dua versi terpisah dari program perangkat lunak yang sama.

Pengembang biasanya membuat Binari Universal dengan mengkompilasi kode sumber program perangkat lunak dua kali, sekali untuk setiap jenis prosesor. Mereka kemudian menggabungkan file executable yang dihasilkan menjadi satu file Universal Binary (atau “Universal 2”).

Meskipun Universal Binaries menawarkan keuntungan besar, satu kelemahan kecil adalah bahwa Universal Binaries biasanya berukuran lebih besar daripada file executable standar. Namun, selama periode transisi arsitektur, Universal Binaries memungkinkan pengguna untuk menjalankan program perangkat lunak pada semua jenis Mac tanpa harus terlalu khawatir tentang kompatibilitas.

Tips Binary Universal

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu Biner Universal, Anda mungkin bertanya-tanya: Apakah saya menggunakan ada sekarang? Anda dapat memeriksa untuk melihat apakah suatu aplikasi adalah Biner Universal dengan mengklik kanan ikon aplikasi di Finder dan memilih “Dapatkan Info” di menu yang muncul. Jika aplikasi adalah Biner Universal, Anda akan melihat “Aplikasi (Universal)” terdaftar di bidang “Jenis”.

Juga, di jendela “Dapatkan Info”, Anda dapat memilih apakah Anda ingin menjalankan versi Intel aplikasi di Rosetta bukan versi asli Apple Silicon. Untuk melakukannya, centang kotak berlabel “Buka di Rosetta.”

Saat berikutnya Anda membuka aplikasi, versi Intel aplikasi akan berjalan. Jika Anda ingin kembali menjalankan aplikasi asli Silicon Apple nanti, klik kanan ikon aplikasi, pilih “Dapatkan Info”, lalu hapus centang “Buka Menggunakan Rosetta.” Selamat bersenang-senang!

Itulah berita seputar Apa itu Biner Universal di Mac?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.