Bisakah Anda Memulihkan Data Dari iPhone yang Hancur?

  • Post author:
  • Post category:Apple

Apakah iPhone Anda rusak hingga tidak dapat digunakan lagi? Apakah layarnya pecah atau tidak menyala? Anda dapat membeli iPhone baru, tetapi data di perangkat lama Anda mungkin tidak tergantikan. Untungnya, Anda mungkin dapat memulihkannya.

Apakah iPhone Anda Dicadangkan?

Jika Anda memiliki cadangan terbaru untuk iPhone, Anda beruntung. Ada dua jenis pencadangan berbeda yang mungkin Anda miliki: pencadangan cloud over-the-air ke iCloud, atau pencadangan lokal di Mac atau PC.

iCadangan cloud adalah yang paling mudah digunakan karena akan mengurus dirinya sendiri setelah selesai. telah diatur. Anda memerlukan penyimpanan iCloud gratis yang cukup agar ini berfungsi, yang bagi kebanyakan orang akan melibatkan pembayaran untuk opsi 50GB ($0,99/bulan).

Anda dapat melihat apakah Anda telah mengaktifkan pencadangan dan kapan pencadangan terakhir yang berhasil dilakukan menggunakan perangkat lain terhubung ke ID Apple Anda. Ini termasuk iPhone atau iPad lain, Mac, atau PC Windows yang menjalankan iCloud untuk Windows:

Di iPhone atau iPad: Luncurkan aplikasi Pengaturan, ketuk nama Anda lalu navigasikan ke  > iCloud > Kelola Penyimpanan > Cadangan. Di Mac: Luncurkan System Preferences, klik ID Apple, lalu pilih tab iCloud di sebelah kiri. Klik Kelola lalu pilih “Cadangan” di jendela yang muncul. Pada PC Windows: Luncurkan iCloud untuk Windows, klik Penyimpanan, lalu pilih “Cadangan” di sebelah kiri.

Jika Anda memiliki cadangan iCloud yang terbaru, data di iPhone Anda aman. Anda dapat memulihkan iPhone Anda menggunakan opsi “Pulihkan dari Cadangan iCloud” yang disajikan kepada Anda saat Anda mengaktifkan iPhone baru. Perangkat Anda akan dikembalikan seperti yang Anda ingat, meskipun berapa lama waktu yang dibutuhkan tergantung pada kecepatan koneksi internet Anda.

Perhatikan bahwa jika Anda mengaktifkan Perpustakaan Foto iCloud (dan cukup ruang kosong untuk menyalin semuanya ke cloud) maka perangkat pribadi Anda media sudah akan dicadangkan. Anda dapat masuk ke iCloud.com untuk melihat foto terbaru yang disalin ke cloud.

Jika Anda telah mencadangkan perangkat ke Mac, Anda dapat melihat cadangan offline yang tersedia menggunakan Finder. Untuk melakukannya, luncurkan Finder dan klik Buka > Buka Folder… di bagian atas layar, lalu salin dan tempel lokasi ini diikuti dengan Enter: ~/Library/Application Support/MobileSync/Backup/

Pada Windows gunakan bilah pencarian untuk masukkan %appdata% diikuti dengan tombol Enter, lalu navigasikan ke “Apple” atau “Apple Computer” diikuti oleh MobileSync > Backup. Pada PC Mac atau Windows, cadangan lokal ini dapat dipulihkan dengan menghubungkan perangkat baru dan memilih

Untuk mentransfer cadangan lokal ke iPhone baru, sambungkan terlebih dahulu penggantinya ke Mac atau Windows dengan iTunes, pilih “Pulihkan Dari Cadangan Ini” saat diminta, lalu pilih cadangan yang ingin Anda pulihkan.

Apakah iPhone Anda Dikenali oleh Mac atau PC?

Jika layar iPhone Anda pecah atau perangkat tampak tidak merespons tetapi masih menyala, Anda mungkin masih dapat membuat cadangan baru yang dapat Anda transfer perangkat baru. Ini akan menyimpan semua yang ada di iPhone ke drive Mac atau Windows 10 atau 11 Anda dalam format yang dapat dipulihkan menggunakan Finder atau iTunes untuk Windows.

Untuk melakukan ini, pastikan perangkat Anda dihidupkan kemudian sambungkan ke Mac atau PC Windows Anda. Luncurkan Finder (di Mac) atau iTunes (di Windows) untuk melihat apakah perangkat dikenali. Ketahuilah bahwa Anda mungkin perlu “Mempercayai” perangkat dengan mengizinkan akses di layar iPhone Anda sebelum perangkat itu berkomunikasi dengan komputer Anda, dan ini bisa sulit jika perangkat tidak berfungsi secara normal.

Anda dapat membuat cadangan baru di Mac dengan memilih perangkat di bilah sisi Finder dan kemudian mengklik “Umum” diikuti dengan “Cadangkan semua data di iPhone Anda ke Mac ini” (Anda juga dapat memilih untuk mengenkripsi cadangan dengan kata sandi jika Anda mau). Klik “Cadangkan Sekarang” untuk memulai proses.

Pada Windows, luncurkan iTunes dan klik iPhone Anda di sudut kiri atas jendela diikuti dengan Ringkasan > Cadangkan Sekarang. Anda dapat memulihkan cadangan ini ke iPhone baru (atau seperti baru) menggunakan Finder atau iTunes untuk Windows.

Jika Anda sudah memiliki cadangan iCloud dan menggunakan layanan iCloud lain seperti Perpustakaan Foto iCloud, Anda tidak perlu melakukan ini ( tetapi lebih banyak cadangan tidak ada salahnya).

Memulihkan Data dengan Memperbaiki Perangkat ke Status yang Dapat Di-boot

Jika perangkat tidak bisa boot atau tidak dikenali oleh Mac atau PC, dan Anda belum menggunakan cadangan iCloud atau layanan iCloud lainnya untuk menyimpan data, Anda mungkin tidak sepenuhnya kurang beruntung. Memperbaiki iPhone yang rusak seringkali tidak sepadan, karena biaya perbaikan seringkali sebanding dengan harga unit baru.

Tetapi Anda mungkin hanya perlu memperbaiki perangkat Anda ke bootable (belum tentu dapat digunakan) menyatakan untuk mencadangkan data. Jika speaker tidak berfungsi atau layar sebagian tertutup oleh retakan, itu bukan masalah asalkan Anda dapat berkomunikasi dengan Mac atau PC Windows yang menjalankan iTunes (sesuai bagian sebelumnya). ke perangkat Anda. Misalnya, jika satu-satunya hal yang menghentikan komunikasi iPhone Anda adalah port Lightning yang rusak, Anda mungkin dapat membongkar iPhone, mengganti port Lightning, lalu melakukan pencadangan.

Apple memperkenalkan program Perbaikan Layanan Mandiri untuk pemilik iPhone pada tahun 2022, yang memungkinkan “individu dengan pengetahuan dan pengalaman untuk memperbaiki perangkat elektronik” untuk memperbaiki iPhone mereka. Apple menyediakan manual perbaikan, alat, dan suku cadang (dengan biaya tambahan) untuk memungkinkan Anda memperbaiki perangkat, tetapi tidak untuk semua orang.

Anda juga dapat menggunakan hub perbaikan iPhone iFixit untuk mendapatkan petunjuk tentang cara membongkar, mendiagnosis, dan memperbaiki perangkat. Anda mungkin memerlukan seperangkat alat khusus untuk membuka perangkat dan melepaskan sekrup dan kabel pita. Seberapa jauh Anda melakukan perbaikan tergantung pada seberapa berharga data yang terdampar bagi Anda.

Opsi Perbaikan dan Pemulihan Pihak Ketiga

Jika Anda tidak terlalu yakin dengan perbaikan DIY, layanan pemulihan data pihak ketiga ada. Masalahnya adalah harganya bisa sama dengan biaya perangkat baru, dan tidak ada jaminan bahwa data Anda akan dipulihkan.

Ikuti layanan seperti iPad Rehab yang mengkhususkan diri dalam segala macam perbaikan iPhone dan iPad. Layanan ini berjanji untuk “melakukan pemecahan masalah terbuka dan penyolderan mikro untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan pada papan logika untuk menghidupkan kembali telepon yang mati untuk menyediakan jalur ke data Anda.”

Harga yang dikutip untuk metode ini adalah $300 -$600, meskipun mereka menawarkan janji “tanpa data, tanpa biaya” dan waktu antrean sekitar empat minggu. Anda dapat memasukkan $100 lagi untuk melompati antrian jika Anda putus asa.

Ada banyak perusahaan lain yang menawarkan layanan pemulihan data, dan banyak yang akan lokal untuk Anda. Perusahaan-perusahaan ini sering tidak memberikan penawaran sampai Anda meminta evaluasi, meskipun rencana pembayaran sering ada. Membayar orang lain untuk memulihkan data Anda tidak memerlukan keahlian menyolder atau peralatan khusus, tetapi kemungkinan besar akan dikenakan biaya lebih karena Anda membayar untuk keahlian.

Setel Cadangan dan Jangan Biarkan Ini Terjadi Lagi

Sejauh ini hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk melindungi data Anda adalah dengan menggunakan solusi cadangan. Cadangan iCloud dapat dikenakan biaya mulai dari 99 sen hingga beberapa dolar per bulan, tetapi jauh lebih murah daripada membayar layanan pemulihan data spesialis.

Siapkan cadangan iCloud di Pengaturan > [Nama Anda] > iCloud > Cadangan iCloud dengan mengaktifkannya . Anda mungkin diminta untuk mendaftar untuk mendapatkan lebih banyak ruang iCloud, jadi mengapa tidak mempelajari apa lagi yang dapat Anda gunakan untuk ruang penyimpanan iCloud?

Jika iPhone Anda tidak lagi dapat digunakan dan Anda memerlukan pengganti, lihat rekomendasi kami untuk iPhone terbaik tersedia sekarang.

Itulah berita seputar Bisakah Anda Memulihkan Data Dari iPhone yang Hancur?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.