Cara Mengaktifkan Flash Kamera di iPhone

Jika Anda mengambil foto dengan iPhone di area gelap dan ingin memperjelas subjek, mudah untuk mengaktifkan lampu kilat bawaan ponsel Anda di aplikasi Kamera. Prosesnya sedikit berbeda pada model iPhone yang berbeda. Begini caranya.

Cara Mengaktifkan Flash di iPhone Dengan ID Wajah

Jika Anda memiliki iPhone dengan ID Wajah (seperti ponsel seri iPhone X, 11, 12, 13), tata letak aplikasi Kamera sedikit berbeda dari pada iPhone dengan ID Sentuh (yang akan kita bahas secara terpisah di bawah). Pada perangkat ini, menyalakan lampu kilat adalah proses multi-langkah yang agak membingungkan.

Pertama, buka aplikasi Kamera dan alihkan ke mode “Foto” atau “Potret”. Ketuk panah berbentuk tanda sisipan yang terletak di bagian tengah atas layar (jika Anda memegang iPhone secara vertikal) atau di sisi kiri layar (jika Anda memegangnya secara horizontal).

Ini akan memperluas menu sebaliknya sisi layar yang terletak tepat di atas (atau di sebelah kiri) tombol rana putih besar. Di deretan ikon yang muncul, ketuk ikon lampu kilat, yang terlihat seperti petir.

Setelah mengetuk ikon petir, menu kecil lainnya akan muncul di dekatnya dengan tiga opsi: “Otomatis”, “Flash Aktif”, dan “Mati .” Jika Anda memilih “Otomatis”, iPhone Anda hanya akan menggunakan lampu kilat saat aplikasi Kamera mendeteksi pemandangan gelap. Jika Anda memilih “Flash On”, lampu kilat akan selalu menyala setiap kali Anda mengambil foto. Pilih salah satu dari dua opsi ini.

Setelah flash diaktifkan, Anda akan melihat ikon flash khusus (baut petir kuning) di beberapa tempat di layar.

Untuk menonaktifkan flash, ulangi proses di atas, tetapi pilih “Off” di menu. Atau Anda dapat mengetuk ikon lampu kilat di pojok kiri atas (orientasi vertikal) atau kiri bawah (horizontal) layar hingga ikon baut lampu tampak dicoret.

Cara Mengaktifkan Flash di iPhone Dengan Touch ID

Menyalakan flash di iPhone dengan tombol beranda dan Touch ID (seperti iPhone SE, atau iPhone 8 dan versi lebih lama) adalah proses dua langkah yang mudah. Untuk melakukannya, pertama buka aplikasi Kamera dan pastikan Anda berada dalam mode “Foto” atau “Potret”. Di pojok layar, ketuk ikon lampu kilat yang terlihat seperti sambaran petir.

(Jika Anda memegang ponsel ke samping, ikon lampu kilat akan berada di pojok kiri bawah. Jika Anda memegangnya tegak, ikon akan berada di pojok kiri atas.)

Setelah mengetuk ikon, menu kecil akan muncul. Ketuk “Otomatis” untuk mengaktifkan lampu kilat otomatis yang hanya menyala saat aplikasi Kamera mendeteksi cahaya redup. Ketuk “Aktif” untuk menjaga agar lampu kilat tetap aktif dengan setiap foto terlepas dari kondisi cahaya di sekitarnya.

Saat lampu kilat aktif, Anda akan melihat simbol petir kuning di bagian atas layar. Untuk mematikan lampu kilat, ketuk lagi ikon lampu kilat di sudut layar dan pilih “Mati”. Selamat bersenang-senang—semoga Anda mendapatkan beberapa foto yang bagus!

Itulah berita seputar Cara Mengaktifkan Flash Kamera di iPhone, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.