Cara Mengubah Lokasi Pencadangan iTunes (atau Aplikasi Windows Apa Pun)

  • Post author:
  • Post category:Apple

Sebagian besar aplikasi Windows memarkir cadangan dan direktori data besar mereka tepat di partisi utama. Ini berarti ruang berharga pada Solid State Drive (SSD) Anda dikunyah oleh cadangan, situasi yang kurang ideal. Baca terus selagi kami tunjukkan cara memindahkan cadangan Anda ke disk data.

Mengapa Saya Ingin Melakukan Ini?

Kebanyakan orang telah beralih menggunakan Solid State Drive (SSD) cepat sebagai drive utama mereka. Drive ini dikenal karena waktu responsnya yang cepat, bukan kemampuan penyimpanannya yang luas. Tidak ada gunanya menyimpan data besar dan jarang diakses seperti file cadangan iPhone dan iPad Anda di SSD.

Selanjutnya, dalam beberapa kasus, fungsi aplikasi akan langsung gagal jika disk utama tidak memiliki cukup ruang. IPhone dan iPad modern semuanya memiliki penyimpanan internal yang diukur dalam ratusan gigabyte. Beberapa pencadangan lengkap dapat merusak SSD rata-rata Anda. Meskipun SSD semakin besar dan lebih murah, pada Agustus 2022, SSD masih lebih mahal untuk penyimpanan per gigabyte daripada hard disk drive konvensional, membuat hard disk drive sangat menarik untuk penggunaan penyimpanan yang berat.

Dalam tutorial hari ini kita akan melihat cara cepat dan mudah bagi pengguna Windows untuk dengan mudah memindahkan cadangan dan/atau direktori data mereka ke iTunes (atau aplikasi Windows lainnya yang tidak mendukung dalam aplikasi cadangan/perubahan direktori data) ke disk sekunder.

Apa yang Saya Butuhkan?

Anda memerlukan sedikit barang berharga untuk tutorial ini. Alat untuk menyesuaikan lokasi direktori dalam Windows dibangun langsung ke Windows.

Selain itu, satu-satunya hal yang Anda perlukan adalah drive sekunder untuk memindahkan data cadangan. Untuk tutorial ini, kami akan memindahkan data cadangan kami ke drive F:, tetapi disk besar apa pun yang bukan disk sistem operasi Anda akan melakukannya.

Akhirnya, meskipun kami akan secara khusus memindahkan direktori cadangan iTunes ke sekunder kami disk, Anda dapat menggunakan trik ini untuk memindahkan data besar atau direktori cadangan dari disk utama kecil Anda ke disk sekunder yang lebih besar — ​​Anda hanya perlu mencari direktori data pada disk utama Anda dan menyesuaikan perintah yang sesuai.

Memindahkan Direktori Cadangan melalui Symbolic Links

Keajaiban yang mendorong seluruh operasi ini adalah sistem symbolic links. Tautan simbolis secara efektif merupakan pintasan yang sangat canggih yang transparan untuk aplikasi yang meminta. Setelah kami memindahkan direktori cadangan iTunes, iTunes tidak akan pernah menjadi lebih bijaksana (tetapi data iTunes akan berakhir di disk sekunder). Jika Anda ingin membaca lebih lanjut tentang tautan simbolik, lihat Panduan Lengkap kami untuk Tautan Simbolik (symlink) di Windows atau Linux. Jika tidak, mari kita gali.

Buat Direktori Cadangan Baru

Sebelum kita mengarahkan aplikasi ke direktori cadangan baru, kita memerlukan direktori cadangan baru. Seperti yang kami sebutkan di atas, kami akan mengarahkan iTunes ke drive F:. Karena itu, kami telah membuat folder baru “iTunes Backup” di drive F:. Buat folder cadangan baru di drive sekunder Anda sekarang.

Cari dan Ganti Nama Direktori Cadangan Saat Ini

Kita perlu mencari direktori cadangan iTunes saat ini dan menamainya.

Tekan tombol Mulai, lalu tempelkan yang berikut di kotak pencarian:

“%APPDATA%\Apple Computer\MobileSync”

Ini akan membawa Anda ke folder cadangan yang digunakan oleh iTunes. Di dalam folder itu Anda akan melihat folder dengan judul “Cadangan”. Ganti nama folder itu menjadi “Backup-Old”.

Buka Command Prompt

Tahan tombol Shift dan klik kanan di dalam panel File Explorer dari folder saat ini (/MobileSync/). Pilih “Buka Jendela Perintah Di Sini” untuk membuka Command Prompt dengan mudah yang sudah terfokus pada direktori saat ini. Atau, Anda dapat mengetik “cmd” ke dalam bilah alamat File Explorer dan tekan Enter.

Buat Tautan Simbolik
Catatan: Setiap jalur file yang berisi spasi harus dalam tanda kutip. Misalnya, C:FolderName tidak memerlukannya, karena FolderName adalah satu kata. Jika diberi nama Folder Name, maka pathnya akan ditulis C:”Folder Name” atau “C:Folder Name” sebagai gantinya.

Pada command prompt, sekali lagi memastikan Anda berada di direktori MobileSync, masukkan perintah berikut ( sesuaikan entri Cadangan F:iTunes agar mengarah ke direktori pencadangan yang Anda pilih):

mklink /J "%APPDATA%\Apple Computer\MobileSync\Backup" "F:\iTunes Backup"

Perintah “mklink” adalah perintah shell Windows untuk membuat tautan simbolik dan sakelar “/ J” membuat jenis tautan simbolis khusus yang dikenal sebagai Persimpangan Direktori, yang akan dengan mulus mengalihkan aplikasi apa pun yang menanyakan direktori Cadangan asli ke Cadangan iTunes di disk sekunder.

Pada titik ini Anda harus lihat folder dengan ikon pintasan di folder Sinkronisasi Seluler, berlabel Cadangan. Jika Anda mengklik folder ini, folder ini akan terbuka seperti folder normal (Anda tidak akan tampak beralih ke drive sekunder seperti yang Anda lakukan dengan pintasan biasa) tetapi apa pun yang ditempatkan di drive ini akan disimpan secara fisik di disk sekunder.

Uji Persimpangan

Jika Anda dapat mengklik tautan tanpa kesalahan, semuanya akan baik-baik saja, tetapi kami akan memeriksanya dua kali agar aman. Saat berada di direktori MobileSyncBackup (diakses melalui tautan simbolik baru yang baru saja Anda buat) klik kanan dan buat dokumen teks baru sebagai tempat file sementara. Setelah membuatnya, navigasikan ke direktori cadangan sebenarnya yang Anda buat pada disk sekunder (dalam kasus kami, F:iTunes Backup). Anda akan melihat file berada di direktori. Hapus file tempat penampung setelah Anda memastikan bahwa itu ada di direktori sekunder.

Memulai Pencadangan iTunes

Apakah Anda mengikuti tutorial ini untuk mentransfer direktori cadangan iTunes atau direktori cadangan aplikasi Windows lain, tes sebenarnya adalah apakah atau tidak aplikasi berfungsi sebagaimana dimaksud dengan tautan simbolik di tempatnya. Mari kita jalankan dan lihat.

Setelah memulai proses pencadangan, kunjungi direktori pencadangan pada disk sekunder:

Di sana kita dapat melihat koleksi file cadangan baru yang dibuat pada saat pencadangan baru kita. Berhasil!

Salin Data Cadangan Asli

Di awal tutorial kita mengganti nama direktori Cadangan menjadi Cadangan-Lama. Direktori Backup-Old itu berisi semua file backup iTunes lama Anda. Sekarang kita telah berhasil menguji tautan simbolik dan melakukan operasi pencadangan yang berhasil, saatnya untuk memindahkan data cadangan ke rumah barunya.

Tidak seperti transfer disk ke disk yang sama biasa, transfer ini akan memakan waktu sedikit lebih lama seperti Windows menyalin data melalui tautan simbolis ke disk sekunder. Setelah selesai menyalin, Anda dapat kembali mengonfirmasi bahwa data aman di disk sekunder.

Seperti yang dapat Anda lihat pada tangkapan layar di atas, setelah kami menyalin direktori cadangan iTunes, kami membebaskan sekitar 7 GB data di disk utama kami. Seluruh proses memakan waktu sekitar 5 menit dari awal hingga akhir dan hadiah kami adalah ruang ekstra di disk utama kami,  dan data cadangan yang disimpan di disk sekunder.

Itulah berita seputar Cara Mengubah Lokasi Pencadangan iTunes (atau Aplikasi Windows Apa Pun), semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.