Mengapa Anda Tidak Harus Membeli iPhone SE

  • Post author:
  • Post category:Apple

Money sedang ketat sekarang. Jika Anda ingin membeli iPhone baru, ada kemungkinan besar iPhone SE yang hemat anggaran ada di radar Anda. Namun, kecuali jika Anda mendapatkan penawaran yang sangat bagus, iPhone SE tidak layak dibeli lagi.

Catatan: Ingatlah bahwa iPhone SE generasi keempat (2023) dapat menyelesaikan beberapa keluhan yang disebutkan dalam artikel ini—dengan asumsi kami mendapatkan iPhone SE baru pada tahun 2023, tentu saja./note]

IPhone SE Dulu Merupakan Ide Hebat

IPhone SE asli diluncurkan pada tahun 2016, menjembatani kesenjangan dua tahun antara rilis Apple iPhone 6 dan iPhone 7. Dan konsepnya sangat masuk akal; iPhone SE 2016 berisi perangkat keras internal yang sama dengan iPhone 6S, tetapi menggunakan desain lama dan murah iPhone 5S.

Apple menghidupkan kembali nada ini pada tahun 2020—iPhone SE generasi kedua menyamai kekuatan iPhone 11, tetapi mengusung banderol harga hanya $400. Tentu saja, perangkat ini menggunakan kembali desain iPhone 8, tetapi harganya jauh lebih murah daripada iPhone X atau iPhone 11. Dan, pada saat itu, perangkat ini menawarkan kualitas kamera terbaik dari semua smartphone di bawah $500.

Ya, kritikus mengeluhkan desain iPhone SE generasi kedua. Layar kecil, pilihan kamera terbatas, dan tombol “Home” raksasa sudah usang. Namun isyarat desain ini baru dua tahun kedaluwarsa. Orang-orang masih membeli iPhone 8, iPhone 7, dan perangkat yang lebih lama pada tahun 2020. Untuk penggemar Apple yang berpikiran anggaran, desain iPhone SE bukanlah masalah besar.

Namun banyak hal telah berubah. IPhone SE 2022 diluncurkan dengan sedikit kemeriahan dan tampil sederhana dalam ulasan kami. Kami tidak terkejut; iPhone 8 versi pengulangan tidak lagi masuk akal di tahun 2022.

IPhone SE tertahan oleh desainnya. Dan saya tidak menyebut ponsel ini jelek — sebenarnya, menurut saya ini terlihat lebih baik daripada iPhone modern mana pun. Tetapi layar 4,7 inci tidak dibuat untuk aplikasi saat ini, dan sensor kamera kecil tidak memotongnya di tahun 2022.

Bahkan jika Anda menginginkan ponsel kecil, layar iPhone SE 4,7 inci sulit digunakan. Aplikasi modern, seperti Instagram, perlu memotong banyak konten agar muat di layar iPhone SE (dan semoga berhasil menavigasi situs web modern di layar sekecil itu). Plus, game seluler yang paling menuntut ditujukan untuk layar yang cukup besar, jadi sulit untuk memanfaatkan chipset A15 Bionic iPhone SE yang kuat. . Ini adalah panel LCD, hanya memiliki resolusi 750 x 1334, dan beroperasi pada 60 Hz. Spesifikasi ini tidak “modern”, tetapi sesuai untuk layar kecil 4,7 inci, terutama yang memiliki akurasi warna yang tinggi. Hanya saja layar iPhone SE terlalu kecil. Sensor kameranya juga terlalu kecil. Setelah hampir satu dekade digunakan, kamera belakang 12MP Apple benar-benar menunjukkan umurnya. Ini menghasilkan foto yang layak, tetapi tidak sesuai dengan kualitas perangkat Android dengan harga yang sama (ponsel Samsung dan Google generasi sebelumnya membuat pengisap ini keluar dari air). Kamera selfie 7MP juga agak lemah, meskipun kamera belakang jelas merupakan kekecewaan besar di sini.

Tanpa Batas Masalah ini tidak ada di iPhone modern. IPhone Mini memiliki ukuran yang hampir sama dengan iPhone SE, namun memiliki layar 5,42 inci yang lebih besar (dan lebih dapat digunakan). Selain itu, kamera iPhone saat ini berukuran sangat besar dan menghasilkan foto yang luar biasa.

Saya juga harus menunjukkan bahwa iPhone SE memiliki daya tahan baterai yang lumayan. Selain itu, daya tahannya tidak sebanding dengan iPhone terbaru, yang menggunakan teknologi Ceramic Shield untuk meningkatkan perlindungan saat terjatuh dan tergores. IPhone dapat bertahan selama setengah dekade, dan saya tidak yakin mengapa Anda akan mentolerir semua masalah ini selama lima tahun.

Apple Bisa Mengatasi Masalah Ini di 2023

IPhone SE generasi sekarang adalah peninggalan Steve Jobs zaman. Meskipun menggunakan desain yang menarik, itu tidak cocok untuk aplikasi atau pengguna modern. Tetapi Apple dapat menjadikan iPhone SE sebagai perangkat yang menarik pada tahun 2023 — Apple hanya perlu meninggalkan masa lalu. Bocoran dan rumor menunjukkan bahwa iPhone SE generasi keempat, yang diluncurkan pada tahun 2023, akan menjadi versi yang ditingkatkan dari iPhone XR. Ini akan membuang tombol “Home”, mendapatkan layar 6,1 inci, dan mewarisi kamera selfie modern dengan dukungan untuk ID Wajah. (Agaknya, itu juga akan menggunakan chipset A15 Bionic, karena Apple menggunakan kembali chipset ini untuk model dasar iPhone 13.)

Sekarang, untuk memperjelas, saya tidak sepenuhnya yakin dengan rumor ini. Kami mendengar orang membuat klaim yang sama pada tahun 2021 menjelang peluncuran iPhone SE generasi ketiga. (Agar adil, masalah rantai pasokan dapat mencegah Apple meningkatkan desain iPhone SE 2022.)

Namun tidak ada jaminan bahwa Apple bahkan akan menjual iPhone SE generasi keempat pada tahun 2023—ini semua hanya spekulasi. Sementara itu, saya sarankan untuk menghindari iPhone SE dan membeli yang lain.

Jadi, iPhone Mana Yang Harus Anda Beli?

Jika anggaran Anda terbatas, lewati iPhone SE dan beli iPhone 11. iPhone 11 harganya hanya $50 lebih mahal daripada iPhone SE tetapi mengemas layar 6,1 inci yang lebih besar, kamera yang lebih baik (dengan penambahan lensa ultra lebar), dan masa pakai baterai yang mematikan. Pembaruan ini sulit untuk diabaikan.

Sekarang, agar adil, iPhone 11 sudah berumur beberapa tahun. Ini menjalankan chipset yang sedikit lebih lambat daripada iPhone SE, tidak mendukung 5G, dan layar LCD-nya memiliki kerapatan piksel 326 PPI—jadi, meskipun ukuran layarnya berbeda, kualitasnya secara teknis identik.

Mungkin iPhone 12 Mini adalah pilihan yang lebih baik. Ponsel ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan iPhone SE, tetapi menggunakan layar OLED 5,4 inci yang lebih besar dengan kerapatan piksel yang lebih baik dan kaca Perisai Keramik. Ini juga mendukung konektivitas MagSafe dan 5G.

Sayangnya, iPhone 12 Mini tidak memiliki masa pakai baterai yang luar biasa. Ini bukan pilihan yang bagus untuk orang yang menggunakan ponsel mereka sepanjang hari, dan layarnya (walaupun lebih besar dari iPhone SE) masih agak kecil untuk tugas normal. Tetapi Anda dapat menemukan iPhone 12 Mini dengan harga di bawah $500, jadi ini merupakan alternatif yang menarik untuk iPhone SE atau iPhone 11. Sekali lagi, iPhone dapat bertahan sangat lama. Saya sangat menyarankan untuk membeli iPhone yang ingin Anda miliki, karena Anda mungkin akan terjebak dengannya untuk sementara waktu. Kecuali jika Anda memerlukan ponsel hari ini, Anda mungkin ingin menunda pembelian, menghemat uang, dan mencoba menemukan iPhone yang akan Anda sukai untuk digunakan selama beberapa tahun.

Disadur dari HowToGeek.com.