Alfa Romeo “tidak sendirian” menderita masalah osilasi awal F1

Alfa Romeo "not alone" in suffering F1 start oscillation problems

sumber Gambar: motorsport.com

Tim Swiss telah menghadapi kesulitan di awal musim mencoba untuk menemukan tingkat konsistensi dengan pelariannya dari awal yang berdiri.

Meskipun beberapa permulaannya baik-baik saja, yang lain terpengaruh oleh getaran kopling dan bisa buruk – seperti yang terjadi ketika Valtteri Bottas merosot urutan off grid di Bahrain.

Menemukan solusi untuk masalah ini tidak mudah, dengan direktur teknis Alfa Romeo Jan Monchaux berpikir bahwa masalah dipicu oleh sejumlah faktor yang datang bersama-sama dengan mobil 2022.

“Sepertinya banyak tim, selain mungkin dua atau tiga, saat ini berjuang dengan drivetrain yang berosilasi di awal,” jelasnya. “Ini bukan hanya kami.

“Ketika mobil mengantri dan Anda melihatnya, Anda akan melihat mereka semua bergetar sedikit. Jadi itu sesuatu yang tidak akan diperbaiki dengan sangat cepat, dalam pandangan saya, karena itu adalah driveline, yang berarti mungkin topik kekakuan, berat, posisi kopling, ban baru, atau lebih berat. car.

“Saat ini masih terlalu dini untuk mengatakannya dan secara pribadi saya belum sepenuhnya memahaminya. Tetapi ada cara untuk menghadapinya.

“Kami telah dapat melakukan awal yang baik juga dengan osilasi dan itu hanya membutuhkan pengemudi untuk menjadi jauh lebih lembut dengan throttle dan kopling daripada yang mungkin dia lakukan dalam keadaan normal.”

Sementara masalah start telah membuat sakit kepala awal musim untuk Alfa Romeo, tim telah didukung oleh daya saing keseluruhan mobilnya.

Bottas telah mencapai Q3 di kedua balapan sejauh musim ini, dengan pakaian yang terlihat seperti pesaing di lini depan.

Skuad tidak diragukan lagi terbantu dengan memproduksi mobil yang mendekati batas berat minimum, tetapi Monchaux tahu bahwa i

berbicara tentang kelebihan berat yang dimiliki timnya, dia berkata: “Saya tidak dapat berkomentar tentang yang lain, tetapi saya mendengar banyak orang mengeluh bahwa mereka kelebihan berat badan.

“Kami tidak memiliki masalah itu sekarang dan itu pasti membantu [kami] karena berat badan membuat Anda lebih lambat. Ini juga membantu kami dalam hal manajemen ban tentunya.

“Kami tidak berbicara tentang perbedaan 100 kilo, tetapi bagi kami untuk saat ini, itu merupakan nilai tambah.

“Namun, saya kira tidak lebih dari Barcelona, ​​​​sebagian besar tim akan pulih dari itu, jadi kami tidak bisa hanya bersantai dan berkata: ‘Ya, baiklah, kami telah melakukan pekerjaan rumah kami,’ karena yang lain akan mengejar ketinggalan.

“Keuntungannya adalah sekarang , kita bisa fokus di rumah membawa performa dan bukan di atas membawa performa aero mencoba mencukur berat dari mobil, karena itu latihan yang cukup rumit selama musim.

“Itu juga sangat mahal. Jadi dengan sendirinya, lebih baik dalam hal batas biaya berada dalam situasi di mana Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mencukur 3/4/5 atau 10 kilo dari mobil Anda, yang selalu sangat, sangat menyakitkan. “

Disadur dari Motorsport.com.