Bottas: Empat zona DRS bisa berarti “menarik secara taktik” GP Australia

Bottas: Four DRS zones could mean "tactically interesting" Australian GP

sumber Gambar: motorsport.com

Dua tahun setelah COVID-19 memaksa pembatalan balapan akhir pekan hanya beberapa jam sebelum latihan akan dimulai, paddock F1 telah kembali ke Melbourne untuk putaran ketiga musim 2022.

Tata letak trek Albert Park telah diubah menjadi tawaran untuk meningkatkan peluang menyalip dan menciptakan tontonan yang lebih baik setelah kritik dari pembalap tentang kurangnya tindakan di balapan sebelumnya.

Tetapi FIA juga telah memilih untuk menempatkan empat zona DRS di tempat untuk akhir pekan ini, menandai yang pertama di F1. Meskipun hanya ada dua titik deteksi, zona DRS akan berjalan di jalan lurus utama, dari Belokan 2 ke Tikungan 3, melalui tikungan antara Belokan 8 dan 9, dan dari Belokan 10 ke Belokan 11.

DRS terbukti menjadi kunci dalam pertarungan untuk kemenangan di Bahrain dan Arab Saudi, dengan yang terakhir menampilkan pertempuran kucing-dan-tikus antara Charles Leclerc dan Max Verstappen ketika mereka mencoba untuk dengan sengaja menghindari keunggulan pada titik deteksi.

Ditanya oleh Motorsport.com tentang keputusan untuk memiliki empat DRS zona di Melbourne, Bottas merasa akan ada tingkat permainan dari pembalap untuk memastikan mereka mempertahankan keuntungan.

“Saya pikir itu akan membuat balapan secara taktis cukup menarik,” kata Bottas.

“Ketika Anda bertarung dengan pembalap lain, Anda perlu memastikan bahwa Anda akan berada di atas angin ketika benar-benar menyalip itu sendiri, dan terutama jika itu adalah pertempuran menjelang akhir balapan, Anda perlu mengatur waktu dengan benar.

“Itu hanya membuatnya berbeda dengan cara, dan di sana akan menjadi peluang untuk menyalip. Jadi saya baik-baik saja dengan empat zona, itu baik-baik saja.” Rekan setim Alfa Romeo

Bottas Zhou Guanyu mengatakan dia pikir akan ada “banyak hal untuk dimainkan”, terutama di luar kompleks kiri-kanan cepat di Belokan 9 dan 10 sebelum lari ke Belokan 11.

“Mengelola baterai Anda juga merupakan kunci, Anda tidak ingin menggunakannya secara berlebihan, akhirnya menyerang dan tidak membuat langkah tetap,” kata Zhou.

“Tapi saya pikir dengan tata letak baru, terutama dengan kecepatan tinggi, itu tidak membantu, tetapi dengan generasi mobil baru kami, lebih mudah untuk diikuti. Itu membuat balapan mungkin lebih ketat atau kompak. Tapi di sisi lain, DRS jelas banyak membantu.”

Meskipun mobil generasi baru pada tahun 2022 memudahkan pengemudi untuk saling mengikuti di trek, banyak yang sudah membicarakan pentingnya DRS untuk memastikan menyalip masih memungkinkan. Pengemudi .

Haas Kevin Magnussen merasa penting untuk mendapatkan “keseimbangan” saat menggunakan DRS, dan perlu waktu untuk mengetahui seberapa baik mobil baru bekerja untuk memfasilitasi lebih banyak penyalipan.

“Mereka perlu mengumpulkan beberapa data tentang bagaimana menyalip di trek yang berbeda dengan mobil baru ini,” kata Magnussen.

“Kemudian mereka dapat melakukan beberapa penyesuaian untuk musim berikutnya. memperpendek atau memperpanjang zona DRS atau menghapus beberapa zona atau apa pun. Saya pikir menyalip terlalu mudah juga buruk. Ini adalah keseimbangan.”

Disadur dari Motorsport.com.