FIA menghapus satu zona DRS F1 di Albert Park dengan alasan keamanan

FIA removes one F1 DRS zone at Albert Park on safety grounds

sumber Gambar: motorsport.com
Sirkuit Melbourne memiliki tiga zona DRS terakhir kali F1 balapan di kota pada tahun 2019, tetapi sejak itu telah mengalami renovasi besar melalui perubahan sudut dalam upaya untuk mempromosikan menyalip pada tata letak yang tidak berubah sejak bergabung dengan kalender pada tahun 1996 .

Bahkan dengan perubahan itu, menyalip masih diharapkan menjadi tantangan bagi pembalap F1 di GP Australia pertama sejak pandemi COVID-19, dengan tata letak yang diperbarui menampilkan empat DRS ketika tata letak baru secara resmi ditetapkan oleh FIA awal pekan ini.

Tetapi setelah dua sesi latihan pembukaan di Melbourne pada hari Jumat – yang masing-masing diungguli oleh pasangan Ferrari Carlos Sainz Jr dan Charles Leclerc – badan pengatur telah menilai kembali situasi dan menghapus salah satu zona DRS.

Zona DRS yang telah dihapus adalah dari menyapu Belokan 8 ke kanan sampai ke Belokan 9 cepat ke kiri, yang menggantikan urutan chicane sebelumnya yang sebelumnya berdiri di bagian Albert Park.

Zona DRS yang mengikuti kompleks Belokan 9 dan 10 yang cepat tetap tidak berubah, dengan titik aktivasi untuk lari tersebut dipindahkan ke tepat sebelum Belokan 9.

Dari sana, pengemudi dapat membuka sayap belakang mereka setelah mereka menavigasi Belokan 10 dan berangkat menuju lintasan melengkung yang mengarah ke Belokan kanan 11, yang telah diprediksi sebagai titik menyalip terbaik untuk mobil F1 pada tata letak Albert Park yang telah direnovasi.

Dua zona DRS yang tersisa dan titik aktivasinya tetap tidak berubah – dengan pembalap dapat mengaktifkan sistem saat mereka menuju jalan lurus utama dan di lintasan lurus kedua yang mengarah ke kanan yang sempit di Belokan 3.

Dalam catatan untuk tim yang mengumumkan langkah tersebut, direktur balapan F1 untuk acara ini, Niels Wittich mengatakan: “Untuk alasan keamanan, Zona DRS akan dikurangi menjadi 3 untuk sisa acara.

“Deteksi DRS 1 akan dipindahkan ke sebelum Turn 9, aktivasi DRS 1 akan setelah Turn 10, Deteksi DRS 2 akan tetap tidak berubah, wi zona aktivasi berikut akan dinomori ulang sesuai dengan itu.”

Disadur dari Motorsport.com.